Thursday, 11 March 2010

Hari Pertama di Kelas Bahasa Korea

안녕하세요
Annyeonghaseyo....


Kelas bahasa Korea dimulai hari ini. Pukul 08.00 a.m, waktu setempat di gedung bagian paling luar dari kampus kami. Lumayan pagi untuk ukuran disini karena jam mulai beraktivitas biasanya dimulai pukul 9. Ditambah dengan cuaca di musim winter, dimana pukul 7 pun masih seperti pukul 5 kalau di Indonesia. Kami bertiga berangkat dari rumah kira-kira jam 7.30. Berjalan kaki menyusuri jalanan kampus dalam udara pagi musim dingin yang menusuk tulang (bisa dibayangkan dinginnya, seperti masuk ke dalam freezer, apalagi kemarennya habis turun salju). Kira-kira setelah 20 menit kami pun sampai di kelas.


Ehmmm... bisa dibilang terjadi sedikit trouble (terutama untuk aku)... Ternyata kelasnya adalah untuk Level 1.B, sedangkan aku membaca/menulis Hangul pun (alfabet Korea) belom bisa. (Sebenarnya kesalahan terletak pada diri penulis sendiri, siapa suruh tidak belajar bahasa Korea sebelum berangkat kesini, minimal membaca/menulis terlebih dahulu. Tapi maklum, karena tuntutan pekerjaan dan tuntutan hidup yang akhirnya memaksanya jadi buta huruf di Tanah Kelahiran si Lee Min Hoo ini... Ya sudahlah...).


Murid yang datang ke kelas pagi itu berasal dari berbagai negara, yang setelah perkenalan, aku tahu mereka berasal dari Uzbekistan, Pakistan, Malaysia, Jepang, China serta seorang bule bernama Cindy dari Kanada, dan dari tanah air tercinta, Indonesia (peserta paling banyak), yang notabene adalah teman-temanku sendiri. Guru pun datang, seorang Korea, cantik dan masih muda. Kami disuruh memperkenalkan diri masing-masing. Dan terlihatlah, mereka sudah pada cukup mahir berbahasa Korea untuk ukuran kelas beginner Level 1. Teman-teman dari Indonesia, rata-rata sudah ada bekal, minimal sudah bisa membaca huruf Hangul. Dan si guru cantik pun berbicara semuanya dalam bahasa Korea (almost). Dan aku pun jadi bingung... Bagaimana mungkin, untuk pemula seperti aku, sangat pemula sekali bahkan, tanpa diajarkan cara membaca dan menulis huruf Hangul terlebih dahulu tapi langsung ke percakapan. Aku pun jadi "cengok" sendiri di kelas. Ada satu orang lagi yang belum bisa membaca/menulis Hangul ternyata, seorang dari Uzbekistan, cowok (merasa sedikit beruntung karena ada teman senasib).


Setelah kelas usai, si Guru pun menghampiriku (bahkan aku lupa namanya karena tidak kucatat, lagi-lagi karena belum bisa menulis/membaca Hangul), dan memastikan lagi kalau aku memang benar-benar belum bisa membaca Hangul. Ibu Guru yang cantik meminta nomer telepon, dan akan menghubungi untuk solusi permasalahanku ini. Aku bilang ke beliau, aku pikir kelas ini dimulai benar-benar dari awal, cara membaca dan menulis Hangul. Ternyata tidak... Dan belakangan baru diketahui kelas ini adalah kelas 1.B (satu tingkat di atas dari kelas yang seharusnya aku masuki, yaitu kelas 1.A). Dan akhirnya, aku akan dipindah ke kelas 1.A... Begitu pula teman-teman yang lainnya. Akan dihubungi untuk informasi selanjutnya, begitu Ibu Guru Cantik bilang. Kami pun kembali ke departemen jurusan dan laboratorium masing-masing....


Setelah di lab, tiba-tiba terlintas tekat untuk belajar mengenal Hangul, bisa dibilang dilatarbelakangi karena malu diantara mereka hanya aku yang belum bisa membaca/menulis (walau sudah sangat terlambat, selama ini kemana aja buuuu???). Aku searching di internet mencari web belajar bahasa Korea online. Pilihan jatuh ke web dari Sogang University, cukup komprehensif dan enak dipakai untuk belajar. Dan ternyata belajar huruf Hangul itu tidaklah sesulit yang aku bayangkan... Setelah beberapa jam belajar, akhirnya bisa sedikit menulis dan membaca (sangat sedikit, tapi lumayan untuk permulaan). Arrrggggghhhhhh....... Finally, tidak buta huruf lagi... Alhamdulillah.... Horraayyyy... Hehe...

0 comments: