Friday, 19 March 2010

Suatu Hari di Kelas Seminar


Hari ini ada kelas seminar pukul 13.30. Di kelas seminar, setiap siswa harus presentasi dengan topik yang ditentukan sendiri masing-masing sebagai penilaian. Peserta kuliahnya campuran, orang Indonesia dan Korea (perbandingannya kira-kira 1:2). Kebetulan hari ini jatah presentasi siswa dari Korea, 2 orang. Ketika aku masuk, siswa Korea yang dapat giliran pertama telah siap di depan. Beberapa saat kemudian, Professor datang dan presentasi pun dimulai. Slide presentasi di tulis dalam Bahasa Inggris, tapi dipresentasikan dalam Bahasa Korea. Presentasi yang pertama ini bisa dibilang lumayan, walaupun gak ngerti omongannya tapi minimal bisa tahu dari isi slide nya yang pakai Bahasa Inggris. Presentasinya juga tidak terlalu lama dan tidak terlalu sebentar, kira-kira 20 menit, dan itu cukup ideal lamanya waktu untuk presentasi.

Nah, tiba giliran presentasi yang kedua. Slide beserta presentasinya in Korean semua, ditambah lagi presentasinya lamaaaaaaaa pake bangeeetttt. Bisa dibayangkan berada di kelas selama hampir selama satu setengah jam mendengarkan presentasi dengan bahasa yang tidak dimengerti dan melihat slide dengan tulisan yang belum dikuasai. Ditambah presentasi yang strightly dan monoton. Setiap kalimat serasa gulungan asap di kepala, masuk ke telinga kanan kemudian keluar dari kuping kiri dengan menimbulkan efek yang disebut pusing. Rasa kantuk pun  tak mau kalah ikut menyerang... dengan sangat hebat (tapi posisi sedang duduk di deretan tengah depan, langsung terlihat jelas oleh Professor). Jadi tidak mungkin untuk tidur di kelas. Akhirnya berusaha sekuat-kuatnya menahan rasa kantuk dengan cara membaca huruf-huruf Hangul di tiap slide yang ditampilkan. Ehmmm... lumayan... Bisa sedikit memperlancar dalam pelajaran "membaca huruf Hangul"... Dan aku lirik temen di sebelahku, anak Korea, dia pun tampak terkantuk-kantuk juga... Sedikit heran, apa saja yang dibicarakan oleh "si yang presentasi" sampai sebegitu lamanya. 

Waktu menunjukkan hampir jam 15.00, dan presentasi belum menunjukkan tanda-tanda akan selesai. Sedangkan kita akan ada kelas lagi pukul 15.00. Akhirnya salah seorang teman mengajakku keluar kelas duluan untuk mengikuti kelas berikutnya. Yang keluar kelas pun lumayan banyak. Walaupun yang keluar banyak, tapi presentasi terus berlanjut tanpa ada tanda-tanda akan selesai... Setibanya di luar, temen anak Korea juga bilang ternyata mereka juga sangat mengantuk dan pusing dengan presentasinya....  Semua tampak seperti terbebas dari penjara... Do'oohhhh... What's wrong???

0 comments: