Monday, 26 April 2010

Resep Masakan Korea : Denjang Chi Gae

Hari minggu ini kebetulan gak ada acara kemana-mana, jadi ya masak aja lah.  Dari kemaren udah "gatel" pengen nyoba menu masakan khas Korea, akhirnya terlaksana juga.... Alhamdulillah... hahahaha. Dan menu kali ini adalah denjang chi gae, resep dari Mbak Vita.

Denjang Chi Gae, masakan khas Korea dengan bumbu utama denjang, yaitu pasta atau tauco yang terbuat dari kacang kedelai, rasanya asin dan harum aroma kacangnya begitu terasa. Selain denjang, juga ditambahkan 4 elemen utama masakan Korea lainnya, yaitu gochujang ( sauce chili yang rasanya pedas, manis, dan sedikit asin). Rasa masakan Korea yang satu ini asem pedas, agak-agak mirip dengan sayur asem kalau di Indonesia. Untuk lebih memperkuat rasa, biasanya ditambahkan dengan ikan teri dan kerang hijau.

Tapi sayang, di Indonesia tidak ada kedua jenis bumbu pasta denjang dan gochujang, jadi tidak bisa membuatnya sepulang Indonesia nanti.... . Eh, tapi mungkin masih bisa pakai tauco sebagai pengganti denjang. Dan untuk gochujang-nya, bisa pakai saus sambal.... 

OK, berikut ini resepnya :

Bahan :
- Toge
- Jamur
- Ikan teri
- Kerang hijau
- Air secukupnya

Bumbu :
3 sendok pasta denjang
1 sendok makan gochujang
1 siung bawang bombay diiris-iris
5 siung bawang putih dihaluskan
garam secukupnya

Cara memasak :
- Didihkan air dan masukkan bumbu-bumbu
- Aduk hingga merata
- Masukkan toge, jamur, ikan teri dan kerang hijau
- Masak hingga matang
- Angkat dan sajikan panas-panas

Selamat menikmati!!!

 

Maaf ya, lupa di ambil fotonya... Akan di upload lain kali kalau masak denjang chi gae lagi...

0 comments: