Friday, 7 May 2010

"No Pain, No Gain"

Saya percaya bahwa tidak ada hasil yang "baik" tanpa pengorbanan yang cukup di dalamnya dan hasil yang kita peroleh nantinya akan sebanding dengan usaha yang kita lakukan.

"No pain, no gain." And I know that it's true.

Saya harus bekerja keras untuk apa yang saya inginkan dan bertanggung jawab atas keputusan itu. Saya sedang sangat mengantuk, jadi tiba-tiba menulis seperti ini (lantas hubungannya apa coba?). OK... OK... (menyontek kata-kata saktinya teman satu lab), saya coba menghubungkan rasa kantuk itu dengan "no pain, no gain," terdengar klasik dan klise tapi sayangnya memang benar begitu adanya. Beberapa hari ini saya kurang tidur, karena sesuatu hal yang menyebabkan harus pulang menjelang pagi. Semalam pulang pukul 02.30 karena mempersiapkan data buat lab meeting hari ini dan presentasi mata kuliah Seminar, kemarennya lagi pulang pukul 04.00 karena mengerjakan eksperimen, dan malam-malam sebelumnya entah pulang dan tidur jam berapa. Ditambah hari ini, jadwal akademik lumayan padat, hampir tidak ada jeda dari pagi  hingga sore (ada tugas mata kuliah Energy Materials, maju presentasi untuk mata kuliah Seminar dan presentasi untuk lab meeting). Seharusnya sampai malam masih ada kuliah, tapi serasa dihujani setumpuk permen lollipop, ketika ada yang memberitahu kalau kuliah dibatalkan. It's a good news, setidaknya saya tidak perlu membayangkan sedang berada di kelas dengan terkantuk-kantuk dan dalam kondisi setengah tidur seperti sebelum-sebelumnya. Alhasil dari jam tidur yang terpangkas tadi (sebenarnya jam tidurnya pun tidak cukup banyak), serasa ada setumpuk batu yang mengganjal di pelupuk mata dan kunang-kunang beterbangan di sekitar kepala saya (entah benar atau bukan, ingin bilang kepala pusing dengan terminologi serangga yang bisa menyala tersebut). Yang pasti kepala saya terasa berat, mata pedih dan merah, indikasi saya mengantuk berat. Seharusnya tidak akan masalah karena dulu pun saya memang sering begadang, bahkan bisa tidak tidur sampai pagi. Tapi menjadi masalah ketika dari pagi hingga malam saya harus "bekerja" di lab, jadi tidak ada waktu untuk "membayar" di siang harinya. 


No pain, no gain... and I should work hard for what I want and be responsible for my decision. Saya harus siap dengan segala konsekuensi dari keputusan saya datang kesini, dan harus siap bekerja keras. Ini adalah jalan menuju impian-impian itu, harus berjuang untuknya. Sepertinya tidak akan mudah, tapi saya rasa tidak akan sulit jika mau berusaha, apalagi dengan dukungan dari orang-orang di sekitar saya. I hope...

Dan hari ini Profesor saya bilang kalau bulan depan paper harus sudah jadi untuk ikut serta dalam seminar tentang elektronik material. Terbayang, ke depannya akan sering banyak kunang-kunang beterbangan mengelilingi kepala saya. Semoga kelak bisa mengantarkan saya jadi seindah cahayanya... Amien...

0 comments: