Saturday, 8 May 2010

Presentasi Yang Gagal


Hari Jumat kemaren, adalah giliran saya untuk maju presentasi. mata kuliah Seminar. Ini adalah presentasi pertama saya di depan banyak orang ketika kuliah disini, selain presentasi setiap minggu ketika lab meeting, tetapi itu hanya di depan teman-teman lab dan profesor saya saja. Malam harinya, tidak banyak waktu untuk prepare karena ada kuliah sampai jam 21.00 dan harus menyiapkan slide serta mengolah data dengan software Origin yang notabene baru saya pelajari untuk lab meeting hari itu juga. Jadinya saya putuskan untuk presentasi nanti membaca catatan saja. Saya hanya membuat slide dan catatan-catatan kecil yang besok harinya akan saya baca. Hari itu ada tiga orang yang maju presentasi seminar. Dan saya orang yang ketiga maju presentasi.

Tiba maju ke depan, saya sangat nervous. Padahal kalau lab meeting, saya bisa merasa sangat santai. Dari awal sudah nervous, dan saya tidak bisa mengatasinya, sangat terlihat dari suara saya yang bergetar. Dan parahnya lagi, saya tidak bisa membaca catatan-catatan yang telah saya buat karena terlalu kecil.  Kepala saya tiba-tiba jadi blank dan panik. Oh my God, help me please, bisik saya dalam hati. Podium untuk menaruh kertas catatannya terlalu jauh menurut pandangan mata saya, sehingga tulisannya tidak terlihat. Akhirnya, ngemeng tidak karu-karuan, dengan bahasa Inggris yang tidak kalah karu-karuan juga. Saya percepat saja presentasi dengan banyak bagian yang saya skip. Akhirnya selesai juga. Tapi sayangnya, belum benar-benar selesai. Profesor Han selaku dosen penanggung jawab masih mengajukan beberapa pertanyaan. Memberi masukan dan sedikit "mencecar". Duuhhh...
Bagaimanapun hasilnya, sekarang saya merasa lega... Alhamdulillah, satu beban presentasi telah terlewati. Bersiap-siap untuk "pertempuran" selanjutnya, presentasi mata kuliah "Amorphous" hari Rabu nanti. Lain kali saya akan menulis catatan dalam ukuran yang besar-besar, sehingga mata saya ini bisa melihatnya.... Wish me luck ya!! Kamsahamnida...

3 comments:

ArIf said...

Kam sia, kam sia. *ngarang*

Next time better, Mbak! :)

Idham 다미시 said...

Iya Koh Arief...
Tengkyuuu...
Kamsia juga... :)
Good luck for you too...

lee said...

salam kenal...
kalo boleh tahu skrg ambil S1 atw S2 di "K"?
Trus klw ambil S2 klw boleh tw, dulu uni asal dari mana yah??
Dpt scholarship yah?? Trus cara applyna gmn?? thx..