Wednesday, 9 June 2010

Yes, I Give Up

Masih berhubungan dengan mesin sputtering.... 
Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, sparepart nya ada yang rusak. Padahal cuma rubber ring buat substrate rotation doank, tapi cukup membuat puyeng saya dan labmate lainnya. Bagaimana tidak, sudah diganti 3 kali, tapi tetep menunjukkan gejala ketidakberesan yang sama. Minggu kemaren sudah diganti sekali, tapi kemudian jadi gak beres lagi. 
Akhirnya ngorder lagi ke manufacturer-nya 2 biji. Kemaren barangnya nyampe di lab, langsung dipasang malamnya. Baru dipake sekali deposisi, eh gak beres lagi. Rubber ring nya ada yang patah lagi segerigi. Walaupun cuma segerigi, tapi chamber substrate nya jadi jadi gak bisa jalan. Untung ada anak undergraduate yang masih di lab. Terus diganti lagi yang baru, kali ini "try for the last" dia bilangnya. OK, akhirnya bisa jalan dengan lancar tanpa bunyi "jedag-jedug". Saya coba pake sembari berdoa agar kali ini tidak ada masalah yang sama.  Tapi selang beberapa saat, belum juga deposision nya selesai, gerigi nya patah lagi. Aaahhh... bener-bener desperado!!
Saya stop eksperimen saya yang sedang running. Dan bilang ke teman lab saya itu "Rubber ring of substrate rotation is broken again. Now, I'm giving up"
"Do you give up?" tanyanya memastikan.
Saya jawab, "Yes, I give up. I don't know what should I do again."
Waktu menunjukkan hampir pukul 02.00 dinihari. Saya pun memutuskan untuk pulang saja... Puyeng....
Saya ingin segera tidur.... zzzZZZZzzz.....



== Fin ==

0 comments: