Wednesday, 22 September 2010

Belajar dari Belajar Ice Skating

Pas Chusok kemaren, saya diajakin pergi, diseret dari tempat tidur lebih tepatnya, ke Woobang Land Amusement Park (Ancolnya Korea, tapi lebih kecil soalnya gak di Seoul-nya tapi di Daegu, mungkin lebih mirip Jatim Park di Malang kali ya menganalogikannya). Di Woobang Land ini ada ice ring buat maen ice skating selain wahana-wahana lainnya. Disini saya mencoba ikut yang lainnya maen ice skating. That was my first time. Sebelumnya saya belum pernah nyobain maen ice skating. Padahal di Jakarta ada khan ya, di Taman Anggrek. Tapi ya itu tadi, selama di Depok dan Jakarta isinya cuma 'ngerem,' di kosan, kampus, tempat ngajar sama kantor. Makanya, selama disini saya bertekad gak cuma rumah, lab, kampus, rumah, lab , kampus saja tapi ingin mengunjungi berbagai tempat di Korea. InsyaAllah. Doakan saya ya... *lhoh*;)

OK... Balik ke ice skating... Pertama-tama saya kenakan sepatu ice skating sama helm pelindung (buat yang mau maen ice skating jangan lupa ya! Penting demi keselamatan kita). Saya coba melangkah, awalnya serasa mau jatuh.. Ya iyalah, secara pijakan kaki sepatunya cuma segaris runcing. But, It's okay. Saya masih bisa jalan menuju ke dalam ice ring. Kemudian, saya tanya ke instruktur nya, how to play it. Of course, he can't speak in English, kecuali sepatah kata saya denger yaitu "practice". Dia menjelaskan pake Bahasa Korea, dan tentu saja saya gak ngerti sama sekali. Beberapa 'pelajaran' yang saya tangkap dari bahasa isyaratnya, menjejaknya harus tepat ditengah-tengah biar gak jatuh dan meluncur bergantian kaki kanan dan kiri.^:)^

Saya praktekkan... Gubrak!! Saya jatuh yang pertama kali.... Saya coba lagi belajar melangkah di tepi ring... Gubrak... !! Saya jatuh lagi... Gak pantang menyerah, saya bangun dan kembali lagi melangkah di ring yang licin itu. Dan gubrak... gubrak... gubrak... entah sudah berapa kali saya terjatuh, mungkin lebih dari 10 kali... Termasuk terjatuh di tengah-tengah ring. Gak sakit apa? Tentu sakit sekali. Tapi saya sadar betul kalau saya gak berani melangkah dan takut terjatuh, saya gak akan pernah bisa. Walaupun hasilnya adalah badan saya sakit-sakit semua sampai sekarang. Waktu itu saya teringat sama Kim Yuna, jadinya semangat deh...:P

Dari belajar ice skating ini, saya belajar beberapa hal. Yang pertama adalah, tentang 'keberanian". Tentu saja bukannya gak butuh keberanian untuk melangkah di ice ring yang keras dan licin itu di atas sepatu ice skating yang runcing, saya rasa butuh sebuah keberanian yang "besar", keberanian untuk melangkah dan untuk jatuh apalagi bagi para pemula seperti saya. Semakin berani mempercepat langkah akan semakin mengerti medan dan akhirnya jadi cepat bisa. Tapi konsekuensinya, resiko jatuh juga semakin besar pula, dan rasa sakit ketika jatuhnya pun sebanding. Saya anggap itu adalah belajar mengambil resiko. Semakin besar keputusan  dan pilihan yang kita buat akan semakin besar pula resiko yang menyertainya. Tapi dibalik resiko itu tentu ada sebuah pencapaian yang juga sebanding. So, jangan takut untuk mengambil resiko. *Duh, kok saya jadi kayak motivator gini yak*8-}

Dan pelajaran yang kedua adalah, "terjatuh bukanlah alasan kita untuk patah semangat dan berhenti berusaha, tapi bagaimana kita bisa berdiri kembali". Ini saya alami berkali-kali, di ice ring maksudnya (dan tentu saja di kehidupan nyata juga sering). Tapi apakah dengan terjatuh kita terus berhenti? Tentu tidak khan? Kapan bisanya kalau terus berhenti dan gak berani berlatih. Hampir sama di kehidupan nyata saya rasa....:) 

Pelajaran terakhir adalah.... ya pelajaran bermain ice skating itu sendiri dong... :hammer

Anyway, saya masih belum bisa bermain ice skating nih... Maybe next time I will try it again... :)>-

2 comments:

Anonymous said...

Kka,. Aduuh enak skalii ya blajar ice skate.
Di korea lagi!!!
ƪ(♥ε♥)ʃ‎ saya mauu juga,.
Ehhhehe~
Ooh ya. Kka pny almat fb or twitt ga?
Sy mw tny byk ttg korea sma kka (=^・^=)
Trima kasih sbelumnya kk,.
(⌒▽⌒)

Idham 다미시 said...

Halo... halo...
Ayo ayo kemari kemari.. :D

Di sebelah kanan blog aku udah dipasang FB badge. Coba check deh! hihihihi...

Salam kenal ya Anonymous... :D