Monday, 20 September 2010

Korean Class : Before Chusok

Hari ini adalah Kelas Korea terakhir sebelum libur untuk beberapa hari ke depan. Soalnya besok ada Chusok (lebarannya orang Korea...:) ) selama 3 hari dan hari Jumatnya songsengnim gak bisa dateng. Jadinya kelasnya di marathon jadi hari ini semuanya, selama 4 jam nonstop (mabok booo'). Untung 2 jam terakhir isinya makan-makan sama maen game (tapi sayangnya saya lagi puasa...:(, so cuma bisa ngeliatin yang lagi asyik makan ttok, kue beras khas korea). Oiya, kelas kita digabung sama kelas level 2A lainnya, jadinya hari ini rame banget deh...

Abis makan-makan, terus dilanjutin dengan maen game, Korean game namanya yudnori. Game nya lumayan seru, semacam ular tangga gitu kalo di Indonesia. Permainan handmade, terus tempat mainnya bukan dari papan tapi dari kain atau kertas, yang disebut malpan. Nah di atas malpan itu tadi dibikin marking bulet-bulet sebagai tanda tempat pemberhentian. Bidaknya bisa dari apa aja, kancing, atau batu. Terus ada 4 stick yang musti di lemparin sama-sama (kalo di ular tangga itu dadu-nya, tapi di yudnori jumlahnya ada 4). Stick nya tadi cuma ada 2 sisi, satu sisi kosong yang rata dan sisi lainnya ada tulisannya. Langkah bidaknya ditentuin oleh lemparan stick tadi. Kalo satu dari 4 stick sisi yang rata nya berada di atas, seharga satu langkah bidak, kalo 2 sisi rata berada di atas seharga dua langkah bidak begitu seterusnya. Tapi kalo keempat sisi rata stick berada di bawah justru seharga 5 langkah bidak, dan pemain bisa melempar stick sekali lagi. Pemenangnya adalah yang lebih dulu mencapai garis akhir. Dan tim saya menang lhoh...;;)

Pas chusok, biasanya disediakan banyak kue-kue beras yang namanya songpyeong, bentuknya menyerupai bulan sabit. Dimana dipercaya bahwa bulan sabit ini menandakan 'better future', bulan sabit lama kelamaan akan menjadi bulan penuh, berbeda dengan bulan purnama yang justru akan semakin mengecil.

Anyway, mulai besok adalah libur chusok selama seminggu... Whaaa, senangnya hatiku....=P~ 

 Ttokk
 Sesi makan-makan
w/ songsengnim kelas sebelah
My classmate w/ our songsengnim
Warga kelas sebelah
Game session 'yudnori'

0 comments: