Monday, 20 September 2010

Laksa Ayam

Hari Minggu kemaren, ada acara halal-bihalal anak-anak Gyeongsan-Daegu. Dan kita kebagian jadi tuan rumah, seperti biasa. Umm... Mbak Vita rada bingung mau masak apa. Masak mie ayam tapi bakalan take much time. Mau masak soto tapi sudah terlalu sering bikin kalo ada acara kumpul-kumpul. Jadinya di putusin aja masak laksa ayam. Mbak Vita nya lagi sibuk banget ngejar deadline paper, maklum bulan depan udah pulang ke Indonesia dan bulan depannya lagi nikah... :)

"Udah, Mbak Vita gak usah mikirin buat acara besok. Kita-kita saja yang masak. Mbak fokus aja sama eksperimennya" kata saya menawarkan diri. Kasihan khan  kalo Mbak Vita mesti ngurusin acara lagi ditengah sibuk dan pusing-pusingnya sama research yang deadline nya tinggal sebentar lagi.

Berbekal resep dari Mbak Vita (resep dari keluarga Nugraha) yang sedikit saya modifikasi, akhirnya saya masak laksa ayam dengan dibantu si eneng, sama bikin bakwan sayur, sedangkan Mbak Fie saya mintai tolong bikin pisang molen. Sedikit cemas juga sih takut-takut kalau rasanya kurang enak soalnya khan yang bakalan makan seisi warga kampung Gyeongsan (sebutan saya untuk orang-orang Indonesia yang ada disini) sama anak-anak dari Daegu, yang mungkin jumlahnya bisa lebih dari 30 orang. Tapi alhamdulillah, tak mengecewakan. Mereka rata-rata bilang laksannya enak (jadi makin semangat masak nih... ;;))  . Bahkan yang datangnya belakangan jadi gak kebagian. Duh kesian... :(
Oiya, masaknya gak tanggung-tanggung lhoh, bukan cuma semangkok kayak gambar di atas melainkan adalah sepanci gede (bahkan panci ukuran paling gede disini). Bisa-bisa pulang ke Indo ntar kita bisa buka restoran... :)) Good idea!!

Resep Laksa Ayam :
Bahan : ayam, udang, daun salam, serai, santan, air
Bumbu halus : bawang merah, bawang putih, kemiri, cabe merah, ketumbar, kunyit, lengkuas, terasi, asam jawa, gula pasir, garam
Bahan pelengkap : telur rebus belah 2 atau 4, bihun yang telah diseduh air mendidih dan ditiriskan, jeruk nipis
(Note : jumah bahan dan bumbu pake ilmu kira-kira... :D 
Cara memasak : Rebus ayam sampai setengah matang kemudian tiriskan (jangan buang kaldunya)., kemudian disuwir-suwir. Tumis bumbu halus beserta daun salam dan serai hingga wangi. Tambahkan santan dan air kaldu ayam. Masukkan suwiran ayam dan udang, masak hingga matang. Sajikan dengan bahan pelengkap. Jadi deh laksa ayam...


Suasana ketika malam itu (duh bahasanya kek apaan itu), dengan foto yang asal jepret (ceritanya ini sedang pesta kebun di taman depan rumah ;)):

 

3 comments:

Anonymous said...

mbak, beli bumbu nya dmn ya? kayak kemiri, ketumbar, kunyit, lengkuas, terasi, asam jawa,

Idham 다미시 said...

di warung Indonesia...
di berbagai kota yang banyak orang Indonesia nya biasanya ada warung Indonesia yg jualan bumbu2 dan produk2 Indonesia...
Saya di Gyeongsan, jadi beli nya di warung Indonesia di Daegu...

miaphy said...

assalamulaikum,
mbak tinggal di Daegu ya?
waah senengnya ada org Indonesia di Daegu. Insyaallah tahun depan ingin ke Korea, pengen ke Daegu :)