Monday, 20 September 2010

Makanan Istimewa

Tau gak apa makanan istimewa bagi kami disini, bukannya steak daging, pizza atau pasta, tapi tak lain dan tak bukan adalah tempe. Iya, tempe yang terbuat dari kedele itu lhoh, yang di Indonesia sana sering dijadiin olok-olok makanan low class. Karena bagi kami, jarang-jarang bisa makan tempe, kecuali kalau ada yang pergi ke kota Daegu, so kami anggap tempe adalah makanan mewah (selain ikan asin, pete, sambel terasi dan sejenisnya). Kebetulan pas lebaran kemaren kita ke Daegu dan mampir ke Warung Indonesia, jadinya bisa beli tempe deh. Dan saya olah jadi tempe goreng mendoan. Dicocol pake sambel kecap, rasanya luar biasa banget... nyamm... nyamm... *sedikit mengobati kerinduan akan tanah air*
Resep tempe mendoan ala saya (haduh, kek nya blog ini akan berubah jadi blog masak deh...:D  :
Bahan :
tempe dipotong-potong tipis, tepung terigu/tepung pancake (harusnya sama tepung beras, tapi berhubung di Korea gak ada, ya sudahlah :P), air secukupnya, daun bawang diiris-iris, minyak untuk menggoreng
Bumbu :
bawang merah, bawang putih, ketumbar, lada, garam secukupnya (takarannya pake jurus kira-kira ala saya:D
Cara membuat :
Haluskan bumbu, setelah itu aduk tepung dengan bumbu, irisan daun bawang dan air hingga merata
Celupkan potongan tempe ke dalam adonan tepung
Goreng dalam minyak yang panas dan banyak (jangan sampai terlalu kering --> sesuai selera juga sih:))
Angkat dan tiriskan
Sajikan dengan sambal kecap atau cabe

Tradaa... jadilah tempe goreng mendoan... Masige deseyo... ~O)

0 comments: