Wednesday, 24 November 2010

Korea Memanas


"Kalian tahu, barusan Korea Utara menyerang Korea Selatan di Pulau Yeonpyeong, deket Incheon. Dua orang tewas dan belasan lainnya mengalami luka-luka karena serangan tersebut."
 Cirong oppa bilang ke kami berdua, saya dan Edit, ketika sedang maen ke lab kami.
 "Ah, serius oppa? Terus gimana? Mungkinkah akan terjadi perang?" tanya saya, sedikit panik.
 "I don't know. Maybe... maybe yes... maybe no" Cirong oppa menimpali.
"Kalau misalnya kami beneran terjadi perang, kami akan segera pulang ke Indonesia."
"Eh, enak aja. Kalau beneran perang, kalian gak akan bisa pulang. Incheon dan bandara-bandara lainnya bakalan di blokir."
"Terus nasib kami gimana dong?"
"Hahaha..." 
"Oppa, we're serious!"
"So, let's hope it will be no war happened."

=============================================================================

Berikut ini berita tentang serangan Korut ke Korsel dari kompas.com :

SEOUL, KOMPAS.com — Korea Utara menembakkan puluhan peluru artileri ke sebuah pulau di perbatasan Korea Selatan, Selasa (23/11/2010). Akibatnya, seorang anggota marinir Korsel tewas dan 13 lainnya cedera.

Serangan terjadi setelah terkuak laporan bahwa Korea Utara (Korut) tampaknya sedang melakukan program pengayaan uranium, satu cara yang potensial untuk membangun sebuah bom nuklir, yang menyebabkan kekhawatiran serius bagi Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya.

Sekitar 50 peluru artileri Korut mendarat di pulau perbatasan Korea Selatan (Korsel), Yeonpyeong, yang terletak di dekat perbatasan Laut Kuning yang tegang. Serangan itu merusak puluhan rumah dan mengirim gumpalan asap tebal ke udara, lapor televisi YTN.

Seorang anggota marinir Korsel, bagian dari kontingen yang berbasis permanen di Pulau Yeonpyeong, tewas, kata militer. Pihak militer Korsel mengatakan, 13 marinir lainnya terluka dan YTN mengatakan, dua warga sipil juga terluka.

"Sebuah unit artileri Korea Utara melancarkan serangan provokasi ilegal pada pukul 14.34 waktu setempat (atau 12.43 WIB) dan pasukan Korea Selatan segera melakukan tembakan balasan sebagai upaya membela diri," kata seorang juru bicara Pemerintah Korsel kepada AFP.

=============================================================================
  
Dari pantauan saya, beberapa saat setelah itu, status facebook teman-teman yang ada di Korea dan Indonesia banyak yang berisi tentang serangan ini. Dan banyak juga yang menge-share berita-beritanya.
Beberapa status facebook tersebut antara lain, contohnya :

korut vs korsel??? Ya Allah..semoga tidak berkepanjangan dan lindungilah kami dari segala bahaya..amiinn..
Thanks for the concerns :) Korea Selatan masih baik-baik aja. Kim Jong Il lagi dapet kayaknya, jadi pengennya maen tembak-tembakan :D
di perbatasan tadi siang ada perang, tapi kondisi orang2 korea: tetap sibuk dengan aktivitas sehari2... sibuk, kerja cepat dan lembur...
I hope both Koreans learn from both devastating World Wars and the Korean War before they decide to cross the line
kata temen korea gw : "korea perang? asik libuuur!!!" =_____=
Siapa tau dilulusin cepet gara2 perang.... hehehehehe :D
fhuuh..si korut pada ngambok'i punyo nuklir baru,,nah nah nah lah ditembaknyo pulok ke selatan,,payoo brentilah kuraso,,gek laju terjadi pengungsian besar2an..tepakso ngungsi ke fukuoka,,nah lo kok ke fukuoka =)) ahahha. :p
perang !
tenang2, di sini (masih) aman...
Margaret Lopulisa serius lo, korea utara serang korea selatan hari ini???gw masa kudu jadi pengungsi??gw kan ke korea mau belajar bukan mau jadi pengungsi.... :( semoga kedamaian ada di bumi...
*Pray for southkorea* korut mluncrkan bom -dahsyat- atom'a. Korsel kekurangan bala tentara, akhir'a dpinta stiap pria >20th jd pasukan.
Khj&jgs
Jangan ikutan main ya?! Nanti jatoh!!
Baca berita semenanjung Korea memanas hanya berharap semoga teman2ku yg sekarang lagi di KorSel dalam kondisi baik2 saja .....
Sedangkan orang-orang Korea nya sendiri malah tenang-tenang saja, seperti tak terjadi apa-apa... Udah biasa kali ya... 
Anyway, mari berdoa agar jangan sampai terjadi perang...
 

0 comments: