Tuesday, 2 November 2010

Korean Culture : "Sudah Makan?"

Di Korea, ketika bertemu dengan teman atau seseorang yang kita kenal di jalan, sering mendengar pertanyaan "Sudah makan?". Jangan bingung seandainya mereka hanya tersenyum kemudian pergi begitu saja walaupun kita bilang belum makan. Pada umumnya, ketika orang Korea bertanya apakah kita sudah makan atau belum, mereka tidak ingin berbicara mengenai makanan. Mereka bukan ingin mengajak kita makan atau mentraktir, tapi pertanyaan "Sudah makan?" adalah salah satu bentuk ungkapan sapaan. Jadi, ketika menjawab pertanyaan tersebut, sebaiknya kita jawab dengan "Sudah" meskipun pada kenyataannya belum makan.

Sapaan Korea lainnya yang mungkin membuat kita bingung adalah "Mau pergi kemana?". Sama seperti "Sudah makan?", orang Korea tidak menaruh perhatian pada tujuan kita. Maka dari itu, kita tidak perlu menjawab dengan tujuan yang spesifik tapi cukup dengan bilang "Iya". 

Jadi aneh khan, ditanya "Mau pergi kemana?" jawabannya "Iya". Terdengar kurang nyambung, tapi memang begitulah budayanya. Setelah beberapa lama disini, saya jadi ikut-ikutan dan sering nanya "Sudah makan?" atau "Mau pergi kemana?". Takutya kebiasaan ini kebawa ntar kalau pulang ke Indonesia, orang akan mengira mengajak makan atau terlalu ikut campur urusan orang barangkali dengan bertanya pergi kemana....

0 comments: