Wednesday, 26 January 2011

We Win... :)

Setahun yang lalu, ketika datang ke lab ini, saya tak mengerti sepatah katapun bahasa Korea (kecuali 안녕하세요) dan tidak bisa membaca huruf Hangeul (sama sekali). Sampai-sampai sangat kebingungan ketika nyari minyak goreng di minimarket, akhirnya dibantu oleh seseorang yang ternyata adalah professor pengajar di salah satu kelas yang saya ambil.

Selama setengah tahun, saya tak mengerti apa yang mereka bicarakan ketika lab meeting, karena semua pakai bahasa Korea. Dan saya satu-satunya orang yang presentasi pakai bahasa Inggris disana (karena hanya saya International student kala itu). Alhasil, hanya bisa menduga-duga dengan melihat slide yang ditampilkan (itu pun pakai bahasa Korea juga). Saya terkadang jadi sedikit puyeng. Hingga kemudian datanglah junior saya dari Indonesia. Jadinya sekarang International student di lab saya ada dua, saya sendiri dan si junior.

 Suatu ketika, kira-kira satu setengah bulan yang lalu, saya kaget manakala ada teman lab yang orang Korea tiba-tiba presentasi pakai bahasa Inggris. 
"Wah, ada angin apa ini?" dalam hati saya.
"I will give presentation in English in order to Idham and Edit can understand." intronya si Dongkyun.
"Wuih, keren nih... Coba begini dari dulu-dulu." *dalam batin saya lagi

Setelah selesai lab meeting, kemudian Professor saya mengumumkan dan memberitau bahwa mulai sekarang presentasi lab meeting harus pakai bahasa Inggris, untuk semua student Korea.
"Because in our lab, there are 2 International students" Professor menambahkan.

"Yes, kita menag Dit! Mereka harus pake bahasa Inggris juga." saya bilang ke junior saya, si Edit.

Kemudian tatkala kembali ke lab,
"Idhaaaaaaaammmmmmmmmm.... Yong-o sirroyo!! (translate : saya benci bahasa Inggris), tiba-tiba temen Korea saya teriak ke saya.
"It's okay, no problem. It can improve your English by giving presentation in English everyweek. You must try to speak in English when we have lab meeting." saya bilang.

"So, Idham, you MUST give presentation in Korean also!" mereka gak mau kalah

"What? How come?
"Tulisin skrip nya kalau gitu, ntar tinggal baca doank!"

Saya mana bisa presentasi pakai bahasa Korea... =___=
==========================================================================

Semenjak itu hingga sekarang, di lab saya, semuanya harus pakai bahasa Inggris pas lab meeting.

YES, kami menang... :)


0 comments: