Friday, 18 February 2011

Ketika J.M. Park Datang Ke Lab

Park Jung Min atau Jung Min Park adalah senior dari lab saya yang saat ini tengah mengambil Ph.D degree di Osaka University, Jepang. Berhubung Jung Min Park lumayan jauh usianya di atas saya, so saya panggil dia oppa (note : jangan samakan dengan panggilan opa di Indonesia ya!). Jung Min oppa, terkadang masih sering berkunjung ke lab kalau dia datang ke Korea, misalnya sedang ada conference atau sekedar liburan. Dan sekitar 2 hari yang lalu, Jung Min oppa baru saja berkunjung sekembalinya dari Ferroelectric conference di Muju.

Dia masih tetap sama seperti saat pertama dan terakhir kali bertemu, poni panjang miring masih tetap menghiasi wajahnya sedemikian sehingga hampir tiap beberapa menit dia terlihat sibuk membetulkan poni belahan miringnya tersebut. Gesture khas ala Jung Min oppa yang masih melekat di otak saya ketika pertama kali bertemu.

Dan ketika masuk ke ruangan, dia langsung menunjukkan sesuatu ke saya :
"Idham, look at this! I get award from the conference as young researcher in Ferroelectric field." sembari menunjukkan sebuah sertifikat yang berbingkai yang terlihat nampak mewah. 
"Congratulation oppa! Waahhh... it's great." Keren banget dalam hati saya, bisa dapet penghargaan dari conference gitu. Bagi seorang researcher, hal ini merupakan sebuah kebanggan tersendiri, suatu bentuk pengakuan tinggi atas riset yang sedang kita kerjakan. Keren banget lah pokoknya...

Setelah itu, Jung Min oppa menanyakan tentang research saya dan masalah yang dihadapi. Kami pun berbincang-bincang dan berdiskusi mengenai beberapa hal yang bikin saya puyeng. Dan Jung Min oppa, dengan gayanya yang terlihat smart (emang beneran smart sih), memberi beberapa masukan untuk research saya. Yaayyy... Tapi sayang sekali, bidang research-nya yang sekarang berbeda dengan saya, jadi gak bisa nanya-nanya lebih spesifik lagi.

Akhirnya saya iseng-iseng nanya, "Oppa, udah publish paper berapa biji?"
"5 buah paper"
"Udah 5 paper? Wawww... hebat... hebat! Padahal baru 2 tahun Ph.D-nya
"Iya, paper SCI semua"
Wah, keren bener nih senior saya yang satu ini...
Dibalik datangnya Jung Min oppa ke lab saya kali ini, setidaknya memberikan suntikan semangat bagi saya yang sering naik turun. Setidaknya, saya datang kesini harus berbuat dan menghasilkan sesuatu, tak hanya berdiam diri. Masih inget waktu hadir di lab meeting kami, Jung Min oppa mengomeli anak-anak undergraduate yang gak bawa catatan apapun. Satu hal yang saya lihat dari J.M. Park, antusiasme yang begitu tinggi.

0 comments: