Sunday, 27 February 2011

Sedikit Catatan Ketika Skripsi


Barusan denger kabar dari labmate kalo mesin sputtering di lab ada trouble... Gak bisa generate plasma di working pressure rendah...
So, what else then? I'll not give up with any obstacles...!!

========Flashback======
Saya menulis ini hanya sebagai catatan memori sebelum akhirnya saya lupa...Dan untuk menyemangati diri sendiri...

Kira-kira lebih dari 2 tahun yang lalu, saat saya sibuk-sibuknya dengan skripsi dan mengejar bisa lulus lebih cepet. Saya ngerjain skripsi-nya di salah sebuah pabrik manufaktur kendaraan sepeda motor terbesar di Indonesia, PT. AHM. Beruntung sekali, semuanya di provide jadi gak perlu mikirin biaya skripsi lagi kecuali biaya ongkos bolak-balik Depok-Sunter. Waktu itu skripisi saya sekalian nerusin kerja praktek. 

Pagi-pagi buta sehabis sholat subuh, saya dan Martha, temen ngerjain skripsi, jalan kaki dahulu dari kosan kami di Kutek ke Jalan Margonda, sekitar 20-30 menitan. Berjejalan dalam metromini jurusan Depok-Pulogadung, yang entah masih pagi pun sudah sangat penuh. Dan terpaksa kami selalu dapat bagian berdiri. Demikian pun dengan pas jam pulang, tidak jauh berbeda bahkan lebih parah. Pak sopir dan keneknya seperti gak rela jika masih ada tempat yang lowong meskipun hanya sejengkal.  Maklum. Dan kena macet lama itu adalah santapan setiap hari. Mungkin bagi saya, itu baru pertama kalinya tiap hari mesti naik angkutan umum di Jakarta rutin setiap harinya. Belum terbiasa.

Perusahaan tempat kami mengerjakan skripsi memiliki 3 buah pabrik yang terletak di Sunter, Pegangsaan dan Cikarang. Jadi kami bekerja di 3 tempat tersebut, kadang ke Cikarang, ke Pegangsaan dan kadang tetap stay di Sunter. Tapi sebagai basecamp, kami harus mulai dari Sunter tiap hari, begitu pula mengakhirinya (pas pulang).

Disana kerjaannya ngapain aja? Ngecor, motong aluminium cor, mounting, amplas, bubut, moles, karakterisasi sampel, dll. Untung pas ngecor, dibantuin sama orang-orang AHM, selain ada 2 orang teman kami yang cowok, Didi dan Reza, yang sama-sama satu tim kerja praktek tapi mereka gak nerusin skripsi. 

Kemudian, selama beberapa bulan setelah ngerjain eksperimennya, pas udah dapet datanya semua udah hampir lengkap, saya bawa ke pembimbing skipsi saya kala itu. Dan, seketika saya langsung lemes ketika beliau bilang "Ini bukannya udah over modifikasi penambahan stronsium nya dengan komposisi segini? Dilihat dari gambar SEM nya, silikon sudah membentuk blok-blok besar."

Ini berarti, jika bener sudah over modifikasi, penelitian saya gagal total. Skripsi saya gagal dan harapan untuk bisa lulus cepet tidak akan jadi kenyataan. Waktu itu, yang nentuin penambahan komposisi modifier stronsium nya adalah Pak Budi, salah seorang manajer AHM yang kebetulan juga sedang mengambil S2 di kampus saya. Kami semua pada awalnya belum mengerti betul mengenai topik kami tersebut. Saya yakin komposisi yang saya tambahkan masih dalam range modifikasi. Tapi tiba-tiba saya jadi khawatir jikalau kami semua salam baca ketika itu. Saya seketika jadi khawatir dan sempat pupus harapan.

Akhirnya semalaman saya gak tidur untuk mencari dasar teori yang kuat. Dan memastikan bahwa komposisi stronsium yang saya tambahkan masih dalam range modifikasi, belum over modifikasi. Untung ketiga teman kerja praktek membantu saya sekali. Mereka ikut nyariin juga. Walaupun gak banyak, akhirnya saya nemuin juga. Memang waktu itu, penelitian yang saya lakukan sedikit keluar jalur, dalam artian biasanya modifier stronsium ditambahkan ke dalam aluminum hipoeutektik, akan tetapi disini kami gunakan untuk aluminium dalam kondisi hipereutektik.

Dan Alhamdulillah, semuanya berjalan lancar sampai saya sidang skripsi, mengantarkan saya wisuda bersama ke-16 teman saya yang lain. Walaupun harus bener-bener bekerja keras kala itu, ditambah dengan saya masih ada tanggungan 2 orang murid les. 

Intinya, jika ingin mendapatkan sesuatu atau tujuan, harus dengan perjuangan & pengorbanan. Pasti akan ada jalan jika kita niat dan berusaha dengan sungguh-sungguh...

Saya cuma perlu meyakinkan diri saya sendiri jika saya pasti bisa... Itu saja sebenarnya yang saya perlukan saat ini... Kepercayaan diri, yang sering kali hilang dari saya...

0 comments: