Sunday, 6 February 2011

Seollal Day : Visiting Our Professor's House

Masih dalam suasana Seollal, kami (saya dan temen-temen lab beserta para sonbae) berkunjung ke kediaman Profesor kami. Seperti kebanyakan para warga Korea lainnya, beliau tinggal di salah sebuah apate di jantung kota Gyeongsan. Pukul 3, saya sama Edit janjian dengan Mr. Ma ketemu di stasiun subway Sinmae, sedangkan Dong Jin berangkat bareng Kyung Man (senior lab yang sekarang kerja di LG display). Dari Sinmae, kemudian kami jalan kaki sekitar 10-15 menit ke rumah beliau dan disana telah berkumpul beberapa orang senior dari lab kami.
Saya ikut ritual bowing. Setelah semua berkumpul, professor dan istrinya yang mengenakan hanbok duduk di lantai, kemudian kami semua sujud di hadapan beliau sampai dahi menyentuh lantai. Setelah itu, Profesor memberi wejangan dan mendoakan kami semua. Habis itu, kami diberi angpau satu persatu. Lumayan, dapat 50 ribu won  big grin

Menginjak acara selanjutnya, yaitu makan-makan dan minum-minum. Berhubung saya dan Edit gak minum alkohol, sebagai gantinya kami diberi cola. Kami makan-makan, minum-minum dan ngobrol-ngobrol haampir 5 jam non-stop, gak berhenti-berenti dan makanan selalu dihidangkan oleh isteri Prof. beserta puteri nya. Isteri Prof. sendiri yang memasak buat kami, sama seperti kunjungan saya pertama kali ketika Chusok yang lalu. 

Hidangan pertama, mulai dari sashimi, kalbi jjim, oyster, udang, berhubung profesor saya tidak makan daging, lebih banyak disediakan masakan seafood. Kalbi jjim nya enak banget, jarang-jarang bisa makan sogogi disinihappy. Kemudian dikasih mandugug (sup mandu), khusus buat saya dan Edit, dagingnya dikasi daging sapi. Profesor bagiin tteok (kue beras) dari mangkoknya untuk kami semua, karena sup kami gak ada tteok nya. Kami ngobrol-ngobrol dalam suasana yang hangat, dan hidangan masih terus mengalir. Pas mereka ngobrol pakai bahasa Korea, saya dan Edit terus saja makan... big grin. Habisnya gak ngerti...Selama 5 jam minum-minum terus sampai 'mabok' cola. Hahaha...

Ditutup dengan minum teh dan kopi serta kue-kue tradisional Korea : teh hijau, teh mint, sama kopi (kalau yang gak bisa nolak karena dipesankan langsung oleh profesor sama istrinya khusus buat saya). Ada tteok juga, dan profesor memintakan beberapa kue semacam 'dorayaki' untuk dibawa pulang oleh saya dan Edit.

Saya dapat wejangan banyak dari profesor hari ini. Jarang-jarang kami bisa ngobrol banyak di luar lab meeting saking sibuknya profesor kami itu. Beliau ingin agar kami memanfaatkan waktu sebaik mungkin selama berada di Korea, dan memanfaatkan semua fasilitas yang ada secara maksimal, mengasah  kemampuan diri dan mengoptimalkan potensi yang ada. Beliau ingin agar waktu selama kami berada di Korea berharga dan bermanfaat. Beliau ingin agar kami hidup dengan bahagia, sehat dan murah hati. Dan masih banyak lagi nasehat-nasehat beliau buat kami semua. Ada yang bikin saya bersemangat, yaitu beliau bilang, jika kami memang berminat untuk melanjutkan studi ke negara lain misalnya Jepang atau USA, beliau bisa membantu untuk itu. Dengan catatan, kami bisa menunjukkan kemampuan yang kami miliki dengan baik, dan bisa berkontribusi banyak untuk lab.

Profesor lalu nawarin ke kami kalau mau maen ski lagi, bisa sekalian dipesenin kamar hotel di Muju Resort minggu depan sekalian pas Dong Jin conference. Ingat pas conference pertama saya di Muju, karena khawatir dengan saya, dia meminta izin dari Profesor nya si eneng agar dia bisa ikut serta menemani saya ke Muju. Sesampainya disana, sudah dipesankan kamar yang besar dan bagus untuk kami berdua.

Saya sangat beruntung dan bersyukur sekali punya profesor seperti beliau. Bagaimanapun, nasib kami  di lab jauh lebih baik jika dibandingkan dengan temen-temen kami dari beberapa profesor lainnya.
Sedangkan, saya-nya belum banyak berkontribusi gini... Ah, malu sekali saya! 
Ayo, Dham! Semangat untuk berkontribusi banyak selama berada disini! Lebih semangat research nya! Give your best!
Semoga dilancarkan... Amien!

Kami baru pulang dari rumah Prof. sekitar pukul 9 kurang... 

*cuma sempet motoin yang belakang-belakang...

Mandugug ~ makanan asli Korut

Nogcha (=teh hijau) + jarinya Edit

Mint cha (=teh mint)

Snack dari beras

 Snack dari beras lagi

Tteok kacang (saya lupa nama Koreanya :p)

 Kue 'dorayaki' *ngaco

Yang punya blog seneng dapet angpau, lumayan 50 rebu...:D

0 comments: