Monday, 14 February 2011

White Valentine

14 Febuari 2011

Bukan ngerayain valentine, tapi emang moment nya lagi pas aja...

Bulan Febuari, setahun yang lalu saya berangkat ke negeri ini, memujudkan impian ibu saya dan tentu saja, impian saya sendiri... Dan sekarang, Febuari kembali datang, setahun sudah saya berada di negeri perantauan, berpisah dan berada sangat jauh dari orang-orang yang saya sayangi... Kalau lagi egois, terkadang saya berpikir bahwa Korea telah mengambil banyak hal dari saya...

Hari yang konon katanya hari kasih sayang ini, saya justru bangun siang, udara dingin membuat enggan sekali untuk beranjak dari tempat tidur serta selimut saya yang hangat. Dan entah kenapa, Senin selalu membuat saya tak ingin membuka mata. Begitu bangun, hal pertama yang saya tuju, adalah laptop, langsung membuka gmail dengan harap-harap cemas Iya, saya sedang menunggu-nunggu kabar dari panitia TOEO-7 symposium (7th International Symposium on Transparent Oxide Thin Films for Electronics and Optics), mengenai abstract yang saya kirimkan sebulan yang lalu. Mereka bilang pengumumannya sekitar tanggal 10 Febuari, tapi nampaknya mundur beberapa hari. 

Saya sangat berharap sekali abstract yang saya submit diterima. Artinya, saya bisa mengunjungi Jepang dalam waktu dekat (14-16 Maret) dan gratis bukan dengan biaya sendiri.

Saya sangat ingin pergi ke Jepang.

Harap-harap cemas karena sebulan yang lalu, sempet dapat penolakan dari salah satu conference di Jeju, abstract yang saya kirim tidak sesuai dengan tema conference nya. Untung saya sudah pernah pergi conference ke Jeju, jadi gak terlalu kecewa. Ternyata Allah SWT masih sangat sayang dengan saya, dan menggantinya dengan yang lebih baik.

Thank you for submitting your abstract for TOEO-7.
The program committee of TOEO-7 is pleased to announce that your paper
   Abstract #: A45
   Title     : The Effect of Substrate Temperature on the Electrical and Optical Properties of Transparent Conductive Indium Zinc Tin Oxide Thin Films
   Author    : Damisih(1), Hong Chan Ma(1), Jeong-Joo Kim(2), and Hee Young Lee(1,*)

has been ACCEPTED for a contributed oral presentation and assigned to

   Program Number: 14p-P024
   Presentation  : Short presentation & Poster presentation
   Time          : 2011/3/14 17:45-19:45
   (All Poster Presenters are requested to give oral Short Presentations.)

Begitu bunyi email dari panitia TOEO...
Sangat senang dan bersyukur sekali, akhirnya mimpi dan keinginan saya selama ini akan segera menjadi kenyataan. Saya akan pergi ke Jepang bulan depan... InsyaAllah... Semoga semua dilancarkan...

Ini adalah cara saya berhadapan dengan mimpi dan keinginan yang terkadang terus berseliweran dalam otak saya jika belum terpenuhi, menuntut usaha untuk segera diwujudkan. Jika saya memiliki suatu  mimpi, tujuan ataupun keinginan, saya akan terus menggenggamnya kuat-kuat, menyimpannya dalam memori otak hingga itu akan terus menjadi cambuk dan pengingat bagi diri saya sendiri. Setidaknya saya telah memiliki sebuah tujuan yang ingin diraih dan fokus dengan tujuan tersebut agar bisa mencapainya. Berusaha dengan semampu saya dan berdoa, memohon sama Yang Di Atas, pun tidak ada hal yang bisa terjadi di dunia ini tanpa seijin-Nya.
Saya yakin Allah akan mengabulkan jika kita bersungguh-sungguh, walaupun misalnya terkadang dalam bentuk yang lainnya atau mungkin di waktu dan kesempatan yang lain. Terkadang juga dengan cara-cara misterius dan tidak kita mengerti...
Kalaupun tidak/belum bisa tercapai, it's okay selama kita sudah berusaha maksimal... Saya yakin Allah punya rencana tersendiri yang terbaik dibalik semuanya...

Dan ketika saya membuka jendela kamar, ternyata di luar sedang hujan salju lebat, dan tumpukan salju telah cukup tebal. Entah kenapa, saya masih sangat senang manakala salju turun walaupun sudah beberapa kali menyaksikannya. Dimana-mana terlihat nampak berwarna putih. Jadi hari ini senangnya numpuk...


Segera ke kampus, tapi sebelumnya foto-foto dulu di taman depan rumah sama si Eneng dan Dyo. Niatnya bikin rekaman video segala, setelah selesai eh ternyata belum di pencet record. Halah... Sesampainya di kampus bagiin coklat buat labmate... Bukan ngerayain valentine, tapi emang semalem lagi pengen makan coklat dan akhirnya beli deh... Eh, ada message di FB yang ngucapin met valentine. Bukan hal yang penting, toh saya juga gak ngrayain...
Habis itu, kita semua (Indonesian student) berfoto-foto dan bermain salju di bawah...
Feel like home. And I'm not alone...


Kado valentine saya kali ini lebih manis dari sekedar coklat...^^
*padahal baru sekali-kali nya doank seumur hidup dapet coklat pas Valentine, ketika masih ingusan... 


Update : 
- syarat-syarat ngurus visa ke Jepang ternyata lumayan ribet... >.< 
- dan masih kepikiran sama hasil research yang bikin puyeng... ah, kata Mr. Ma, yang penting abstract kita diterima dulu... dibikin simple aja lah, daripada tambah puyeng...

0 comments: