Saturday, 26 March 2011

Cooking Time : Oseng Jagung


Resep aslinya, oseng jagung dengan zucchini. Tapi berhubung di kulkas adanya mentimun, ya udah pake mentimun aja. Sebenarnya sih, zucchini-nya sendiri ada kok di Korea. Hmmm... enaknya disini, bisa memodif-modif resep sesuka hati... big grin. Kenapa begitu? Soalnya sayur-sayurannya gak sama dengan yang di Indo (beberapa ada yang sama sih). Jadi, kalau mau masak resep Indonesia, harus pinter-pinter nge-ganti sayurannya dan memodif-modif  gitu deh. Contohnya kalau mau bikin sayur asem, bisa jadi kol dan tauge masuk ke kuali. Kok bisa gitu? Ya karena nangka muda, daun melinjo dan kacang panjangnya kagak ada... hehehe...Dan memodif-modif resep adalah salah satu kesukaan saya... big 
grin Bisa jadi, pas abis masak ditanya resepnya apa aja, saya jawab, apa aja ya tadi, lupa... Hahaha... Soalnya maen masuk-masukin aja kadang...

Untuk bumbu, emang beda di Indo sama di sini. Tapi, di Korea ada yang namanya Warung Indonesia yang jual berbagai macam bumbu dari Indonesia. Jadi jangan khawatir... Tapi ya harganya jadi entah berapa kali lipat dibanding di Indo, mahal bo'...

Resep Oseng Jagung
(modified by Idham)

Bahan :
1 kaleng jagung manis 
1 buah zucchini/timun, potong bulat-bulat
3-5 cabe merah, potong menyerong
4-6 bawang putih, cincang halus
1/2 butir bawang bombay, iris tipis
8-10 buah udang, kupas kulitnya
1-2 sdm saus sambal
garam, secukupnya
gula, secukupnya
margarin atau minyak goreng untuk menumis

Cara memasak :
1. Panaskan wajan, masukkan margarin atau minyak goreng, tunggu sampai panas
2. Masukkan bawang putih cincang, oseng hingga harum
3. Masukkan bawang bombay yang telah diiris tipis dan cabe yang telah dipotong, masak sampai layu
4. Tambahkan garam dan gula
4. Masukkan udang 
5. Masukkan zucchini/timun yang telah dipotong dan jagung kalengan
6. Setelah setengah matang, masukkan saus sambal
7. Oseng hingga masak dan sajikan

*Ini termasuk resep praktis dan masaknya cepet... Cocok untuk yang lagi sibuk dan harus tetep masak... happy

0 comments: