Sunday, 27 March 2011

Making Korean Food : Yubuchobap (유부초밥)

Seperti postingan saya sebelumnya, mengenai project mencoba membuat masakan Korea, kali ini bikin yubuchobap (유부초밥), kulit tahu isi nasi yang dibumbui dan dicampur sayuran. Tapi nampaknya ada sedikit kesalahan dalam proses pembuatannya, sehingga menjadikan penampilannya kurang menarik. Gara-garanya saya cuma baca cara bikinnya separoh doang, (karena buru-buru) dan selanjutnya dikira-kira sendiri. Eh ternyata kurang tepat, yang seharusnya sayuran kering-nya cukup ditaruh di atasnya, tapi dengan sotoy-nya saya campur juga. Hahaha... gpp lah. Next time, bakalan di update yang versi bener-nya dan sama persis dengan yang di maangchi... Hahaha... Soalnya bahan-bahan set yubuchobap-nya masih ada separoh. Thank to Eka dan Mbak Yuli yang bantu-bantu bikin masukin ke dalam kulit tahunya.

Resep yubuchobap
(modified by Idham)

Bahan : 
1. Yubuchobap (유부초밥) kit, bisa didapatkan di toko-toko Korea atau Jepang, isinya kulit tahu, minyak bumbu yang mengandung vinegar, sayuran kering (seperti pada gambar di bawah ini). Hati-hati membeli yubuchobap kit di Korea, soalnya beberapa di antaranya mengandung babi dalam minyak bumbunya. Yubuchobap kit merk di bawah ini aman untuk digunakan, setelah dibaca, tidak mengandung babi dan turunannya.

 Yubuchobap kit

 Isi yubuchobap kit

2. Ketimun hijau, wortel, acar kuning lobak/yelow pickled raddish (secukupnya)

 Ketimun hijau

Acar kuning lobak
(hahaha... harganya masih ada tuch :p)

3. 1 piring nasi, garam secukupnya

Cara Membuat :
1. Potong-potong kecil ketimun hijau, wortel dan acar lobak 

 Irisan ketimun, wortel dan acar lobak

2. Campur nasi dengan menggunakan minyak bumbu dari yubuchobap kit dan garam. Aduk merata. Kemudian tambahkan dengan sayuran yang telah dipotong-potong tadi. Aduk kembali sampai merata.

(Note : disini letak kesalahannya, saya campur sayuran keringnya sekalian, padahal seharusnya sayuran kering dari yubuchobap kit tadi ditaburkan di atas adonan nasi yang telah dimasukkan ke dalam kantong tahu. Hahaha... gpp, namanya modifikasi...:p)

3. Masukkan adonan nasi dan sayuran tadi ke dalam kantong tahu dari yubuchobap kit

Jadinya begini nih... Kurang cantik sih gara-gara salah step... Hahaha... Gpp lah, namanya memasak suka-suka dan riang gembira, ada yang bilang lebih bagus begitu malah... Hahaha... Rasanya sih udah sama dengan yang dijual ditoko-toko. Oiya, gak ada yang bisa dipakai buat menghias, jadinya jeruk sunkist pun ke dalam piring... :p

Bagi yang di Indonesia, kalau mau coba bikin tapi gak ada bahan-bahan yang disebutkan seperti di atas, bisa diganti dengan bahan-bahan lain yang mirip-mirip kali ya... Hahaha... *memasak suka-suka MODE ON*
Yubuchobap (유부초밥) Rodembil

Referensi : maangchi

0 comments: