Wednesday, 23 March 2011

Postingan Iseng-Iseng


Kenapa saya lebih produktif nulis postingan blog daripada nulis paper ya? 
Hahaha... ya iyalah!! Dudul!!
Nulis di blog tinggal ngemeng-ngemeng aja gak perlu ada citation, gak perlu ada dasarnya, gak perlu ada datanya segala macem... Nulis blog sambel merem juga bisa... *halah*
Gak ada yang baca ini, gak ada reviewer... Kalau ada yang baca, paling cuma berapa dan cuma sekedar lewat...

Barusan ketemu Prof. saya, ngobrol-ngobrol, berdiskusi, dan beliau memutuskan tidak mau kehilangan chance untuk submit paper di Thin Solid Films (TSF) Journal. 
Ya iyalah Dham, orang udah mahal-mahal bayarin ke Jepang masak iya tanpa hasil apapun...

Saya bilang masih banyak data yang perlu untuk di ulang. Tapi mesin sputtering-nya sampai sekarang pun belum bener. Waktu tinggal gak ada 10 hari lagi... Saya mulai desperate sebenarnya... *sambil berdoa supaya deadline of submission nya diundur*
Tapi Prof. saya tetap memberi semangat dan motivasi, serta tak lupa selalu memberi senyuman untuk semua student-student-nya. Dan inilah salah satu alasan kenapa saya menaruh hormat yang sangat untuk Prof. saya ini dan berusaha memberi yang terbaik untuk beliau...
"I don't want if we give up. Try your best, Idham! I know that TSF acceptance is very strick. We may not be succesful, but at least we have tried. And if it couldn't be published, we can re-write and submit to TSF again or another journal".

Dan solusi-nya, disuruh nge-remove data-data yang terlihat kurang meyakinkan serta menambahkan data dari eksperimennya Mr. Ma...

Tanggal 8 bulan depan saya disuruh ikut conference lagi sama Prof, tapi cuma one day conference tentang renewable energy dan cuma di Daegu. It will be my 5th conference in 1 year. Manuscript-nya udah beres, dan bakalan di publish di Journal of Nanoelectronic and Optoelectronic (JNO) kalau memenuhi syarat...

Saya gak mau kado yang lain-lain dech untuk hadiah ulang tahun saya bulan depan... Saya mau kadonya itu aja... Paper saya bisa publish... hihihihi... Ngarep boleh dong... Eh, tapi kalau ada yang mau ngasi kado yang lain lagi juga diterima kok... hihihi... *maruk*

Kalau itu bisa terbit, mulai mempertimbangkan untuk lanjut S3... Berarti ada sedikit bakat untuk jadi researcher tingkat selanjutnya... *halah*...
Nulis paper itu ternyata gak gampang ya...

Emang ini, kemampuan nulis ilmiah saya jongkok banget. Kalau disuruh nulis ngemeng baru deh, jago... hihihi... *gak juga padahal*

Walaupun belum bisa terbit sekarang, saya mencoba yakin kalau misalnya paper yang telah saya tulis tersebut bisa publish, entah kapan dan di jurnal apa...

Teringat beberapa tahun yang lalu... Ketika tulisan yang saya bikin pas SMP, saya kirim lagi  pas saya SMA dalam rangka lomba mengarang penghijauan SMA tingkat provinsi ternyata masuk ke babak final... Walaupun gak menang sih... Tapi paling enggak, saya di undang ke Salatiga untuk presentasi tentang tulisan saya itu... Hihihi... Padahal tulisan saya tersebut pas jaman SMP, di tingkat kabupaten aja gak masuk apa-apa... gak menang dan gak masuk final...

Ayo... ayo semangat menulis-nulis... !! 
Dan membaca-baca pastinya... Soalnya kita bakalan susah menulis, gak bisa malahan, kalau tanpa 'membaca'...

0 comments: