Saturday, 26 March 2011

Rembang Culinary : Sayur Merica (Kelo Mrico)

Kemaren belanja di Homart dan lihat ada ikan lumayan murah. Ya udah dibeli aja... Pas waktu beli belum tahu sih mau dimasak apa. Terus keinget sama masakan khas dari daerah saya, yaitu sayur merica atau kelo mrico atau jangan mrico kalau dalam bahasa setempat. Sayur ini terbuat dari ikan segar. Bisa ikan apa aja, yang penting ikan segar (iwak anyaran). Paling enak kalo pake ikan manyung. Biasanya dicampur dengan sayur pepaya muda, atau bisa juga dengan ketimun atau krai (sejenis ketimun juga). Masakan ini cukup terkenal mengingat Rembang kaya dengan hasil tangkapan ikannya. Rasanya pedes-pedes seger gitu deh, pedesnya dari merica campur cabe rawit.thumbs up

Ada 2 versi sebenarnya, ada yang bening tanpa pake kemiri dan kental dengan kemiri yang banyak. Orang-orang daerah Lasem, biasanya masak yang versi bening-nya. Tapi pas saya pindah ke Rembang, baru tahu juga ternyata ada versi  yang kuahnya kentel. Tapi kali ini saya bikinnya tengah-tengah, yaitu antara bening dan kental. Pake kemiri tapi karena kemiri disini terbatas dan muahal, jadinya cuma dikasi sedikit. Sayurnya pake lobak, soalnya di sini gak ada pepaya muda sih... Terus terang, saya lebih suka sayur merica yang kuahnya kentel. Lebih maknyuuuussss.... Sebenarnya waktu di rumah, belum pernah bikin sih (hahaha... emang gak pernah masak waktu dulu masih di rumah)... Jadi ini adalah pertama kalinya saya bikin masakan khas Rembang sayur merica... Rasanya lumayan kok, lumayan mirip... big grin

 Sayur merica buatan Koki Idham 
(wooo.... lupa bersihin pinggiran mangkuknya)

Resep Sayur Merica 
(modified by Idham)

Bahan-bahan :
3-5 ekor ikan segar, bersihkan dan potong-potong kalau ikannya besar-besar, kalau ikannya kecil-kecil bisa langsung dipake utuhan tanpa perlu dipotong
pepaya muda/timun/lobak, potong kotak-kotak 
2-3 lbr daun jeruk
2-3 lbr daun salam
1 ruas lengkuas, memarkan

Bumbu halus :
5-8 buah cabe rawit
4-6 butir bawang merah
4-6 butir bawang putih
4-5 butir kemiri
1 sdm merica bubuk
1 sdt kunyit bubuk
1 sdt ketumbar bubuk
1 sdt jahe bubuk
asam jawa, secukupnya
garam, secukupnya
gula, secukupnya
penyedap rasa, secukupnya (bila perlu)

Cara memasak
1. Rebus air, masukkan daun jeruk, daun salam, lengkuas serta bumbu halus
2. Masukkan sayuran yang telah dipotong-potong
3. Setelah sayuran setengah matang, masukkan ikan 
4. Masak sampai matang
5. Sajikan

Gampang banget khan bikinnya. Praktis lagi... hihihi... happy  
*menurut saya, karena tinggal blender bumbu, dan cemplung-cemplung doang*
Selamat mencoba kalau ada yang berminat mencoba...

Note : mengenai takaran, bisa di adjust sendiri... Soalnya saya sendiri kalau masak, biarpun ada resepnya tetap takarannya pake feeling... tongue

0 comments: