Thursday, 31 March 2011

Sumpah, Saya Tak Mengerti...

Hari ini ceritanya ada kelas Solar Cell, jam 7 malem. Uhhh, paling males kalo kelas malem-malem gini. Ngantuknya gak nahan. Sebenarnya saya ambil kelas ini karena disuruh Profesor, semua anak lab saya diwajibkan ngambil. Jadi dari lab saya ada 3 makhluk : saya sendiri, Edit sama Dong Jin. Kata Profesor saya, dosennya bakalan dari Industri, jadi mungkin cuma bisa ngajar dua minggu sekali saja. Kalo dipikir-pikir sih enak juga.... *woohhh, ini niat kesini mau belajar atau apaan ya?*. Sebenarnya kelasnya udah dimulai dari minggu kemaren, tapi berhubung saya ada conference di Jepang waktu itu jadinya ya absen laahhh... *gak mungkin khan bisa berada di dua tempat dalam waktu bersamaan!*. Dan kali ini adalah kelas pertama bagi saya.

Jam 7 kurang 10 saya baru berangkat dari rumah. Niatnya sih pengen jalan cepet-cepet, tapi apa daya kakinya lagi amsyong. Kaki saya bengkak, seriusan, bagian punggung kaki sama lutut. Jalannya udah kayak siput yang nenek-nenek. Kalo normalnya, rumah-lab ditempuh dalam waktu kurang dari 10 menit, sekarang jadi 2 kali lipatnya. Saya coba paksain jalan cepet, eh malah tambah nyut-nyutan, rasanya nyeri sampai ke ubun-ubun. Siyal! Seandainya kaki bisa ditukar tambah.... ~NgacoLoDham~

Nyampe di lab, cuma ada Mr. Ma seorang... Edit sama Dong Jinnya gak ada. Saya pikir mereka udah masuk ke kelas. Ya udah, dengan jurus menebak-nebak kelas soalnya saya sendiri gak tau ada dimana, dan sebelumnya saya sms Edit tapi belum dibales juga, akhirnya saya masuk ke ruang 401. Saya jumpai cuma 3 orang anak Korea, salah satunya saya kenal, dan udah ada dosennya yang sedang menerangkan di depan kelas. Karena gak ada si Edit maupun Dong Jin, asumsi saya : salah kelas. Akhirnya saya keluar lagi, balik ke lab dan nelpon si Edit. Tuuuttt... Tuuuttttt... Terdengar bunyi getar dari kabinet di bawah mejanya. Yah, hp nya gak dibawa. Giliran saya coba nelpon Dong Jin, gak diangkat. Do'oh...

Akhirnya saya keluar lagi, berminat mencari ke lantai 3. Dan untungnya ketemu si Edit di ujung lorong yang entah dia darimana...
Saya : Dit, kelasnya ada dimana?
Edit : Itu disitu, di 401
Saya : Lhah, tadi gue udah masuk kesitu, tapi elo sama Dong Jin nya gak ada. Gue pikir salah kelas... Udah ada dosennya tuh...

Dan akhirnya kami pun masuk ke kelas bersama-sama...

Sesampai dikelas, dosennya nerangin pake bahasa Korea...

Saya : Dit, ini kelasnya dalam bahasa Korea ya?
Edit : Iya...
Saya : Woohhh...

Terus yang lain saya liat pada bawa buku semuanya. Dan sang dosen menyuruh membuka dan membaca chapter sekian... Saya nanya lagi ke Edit :
Saya : Dit, ini bukunya gak ada yang edisi Bahasa Inggris?
Edit : Gak ada...
Saya : Lha terus pegimana?
Edit : Gak tahu...
Saya : Woohhhh....
Jadi selama 2.5 jam di dalam kelas : 
- Dosen menerangkan dengan bahasa Korea, sambil nulis-nulis di papan tulis yang kadang saya (dan Edit) gak bisa nge-baca dan gak ngerti maksudnya. Bahkan sampai terucap : "Itu apaan sih? Tulisannya jelek banget", dari junior saya itu...kebetulan saya duduk disebelahnya...
- Anak-anak Korea dengan khusyuk menyimak dan mendengarkan, yang pasti mereka mengerti, sesekali disuruh baca chapter di buku
- Saya, mendengarkan tapi gak ngerti, sembari menulis-nulis sekenanya, pasang muka kayak orang ngerti ... cuma bisa senyum-senyum doank tiap ditanya "do you understand?" sama sang dosen
- Edit, mendengarkan sambil nulis-nulis juga, tapi nampaknya lebih banyak asyik dengan Blackberry-nya...

Dan diakhir kelas, dosennya ngasi PR segala lagi... *Wooohhh....
Baru kali ini dapet kelas dalam bahasa Korea... Sumpah, saya tak mengerti... Cuma p-n junction, shunt resistance, fill factor, I-V curve yang samar-samar nyangkut di kepala... Sisanya, entahlah, apa yang sedang dibicarakan oleh mereka... T__T  
Wallahu 'alam...  

Ayo Dham, tetep semangat kuliah apapun bahasanya! :p

0 comments: