Monday, 30 May 2011

Revenge

Gue sebulanan ini seperti orang tidur & ngimpi, gak ngapa-ngapain, nyampah abis di lab. Dan selama gue berada di lab ini, kek nya baru kali ini ngrasain 'berleha-leha' dan 'nyantai abis' dalam waktu yang lumayan lama seperti sekarang-sekarang. Habis submit paper yang terakhir, terus bantuin nulis paper nya Hong Chan oppa, sampai orang nya balik dari Perancis, gue masih belum ngapa-ngapain. Ini karena gue belum punya IZTO ceramic target buat material deposisi. Dan kami, khususnya saya, gak bisa bikin material target sendiri. It's so difficult to obtain target with good properties. It's better we don't make it by ourself... *Kata Prof.

Karena udah kelamaan nganggur, jadinya 'terlena'... Sumpah gue bosen banget gak ngapa-ngapain. Makanya nyari-nyari kerjaan, yang masak-masak lah, bikin-bikin kue lah, tidur sampe puyeng lah... dan seterusnya...Gue gak ngebayangin orang yang nganggur lama rasanya kek apa...
Imbasnya, gue jadi males belajar juga. Terutama belajar mata kuliah Solar Cell... Gimana mau belajar, pake bahasa Korea gitu. Dan bukunya pun gak ada versi Bahasa Inggris nya ~AlesanAja
Dan ternyata, buat balik lagi dari keadaan "paling nyantai" seperti ini kembali seperti sebelum-sebelumnya, bener-bener 'on fire', ternyata perlu effort yang cukup besar. Sampai gue nulis postingan ini pun, gue masih belum bisa mengembalikan semangat 'on fire' gue...

Gue kangen berjibaku dengan research gue lagi, walaupun puyeng-puyengan mah tak apa asalkan gue bisa berkarya menghasilkan sesuatu. Kangen ngoperasiin mesin sputtering gue, ribet-ribet sama vacuum system nya, kangen motong-motong kaca, nge-XRD, nge-SEM, nge-UV dan lain-lain. Ngolah-ngolah data, lab meeting sama Prof. dan labmate *udah 2 bulan ini, lab gue gak ada lab meeting saking sibuknya Prof.
Gue kangen masa-masa seperti semester 1 dan semester 2 gue, disibukkan dengan urusan kuliah dan research... Sampai nginep-nginep di lab, gak pulang... Dikejar deadline, dll... Intinya,, gue gak tahan kalau lama-lama berdiam diri dan gak ngelakuin apa-apa...

Aahhh, manusia, kalo lagi sibuk-sibuk banget pengennya istirahat, liburan... Giliran dikasi istirahat, pengennya bersibuk-sibuk lagi... Do'oh... :tepokjidat:

Tiba-tiba gue inget, dalam 2 minggu ke depan, banyak kerjaan yang harus dilakuin : presentasi thesis proposal (gak kerasa, semester ketiga gue akan berakhir, dan sebentar lagi semester terakhir), ujian akhir semester, presentasi mata kuliah Solar Cell, bikin abstract buat conference di Jeju beberapa bulan lagi, nyiapin poster presentation buat conference di Kangwon-do pertengahan Juni nanti, dan kerjaan lain-lainnya yang harus dilakukan...

Seharusnya, kabar baik beberapa hari yang lalu, sudah cukup untuk bisa membangunkan gue dari tidur panjang... OK, mari kembali berkarya! Janji, mulai besok ya Dham... Mulai membenahi banyak hal yang harus dibenahi...

0 comments: