Thursday, 21 July 2011

Jadi TA 2 Hari


Kyaaaa... udah lama kek nya gak bikin postingan disini... Baiklah saudara-saudara (ceileh, kek apaan aja), kali ini gue akan cerita tentang UC (University of California) Davis Summer Abroad Program di Yeungnam University. Bukannya gue ikutan jadi peserta, tapi cuma jadi Teaching Assistant (TA), dan itupun cuma 2 hari thok. Program ini berlangsung selama sebulan dan buat anak-anak S1, separo dari UC Davis dan separonya lagi dari kampus gue.

Dua hari ini gue ngasistenin mereka, capek tapi seru banget. Gue kebagian dapet praktikum nentuin phase diagram pake cooling curve sama si Dong Kyun. Sebenarnya Profesor yang pegang praktikum ini bukan profesor gue, tapi Prof.nya si Dong Kyun. Berhubung butuh 2 orang asisten, satu anak Korea sama satu orang international student. Praktikum ini belum pernah dilakuin di lab sini, jadi seminggu sebelumnya kita nge-trial dulu.

  3 orang TA pas welcoming party *foto ini gue colong dari FB nya Hyun Woo...

Praktikum yang dijadwalkan cuma 2 jam masing-masing kelompok ternyata memakan waktu lebih dari 3 jam. Dan akibatnya para asisten, gue dan Dong Kyun, gak punya waktu buat break biar cuma sebentar. Eh, tapi Prof. Lee Jae Yeol baik bener, terbukti gue diajakin makan 2 kali walaupun gue udah gak dateng nyiapin sampel pas hari H-1 nya and pas hari-H nya gue datengnya siang. Sampai beliaunya sendiri nyari-nyariin, dan Dong Kyun nelponin gue sampai berkali-kali.
Pas makan, gue yang disuruh nentuin lagi mau makan dimana *ya iyalah secara gue gak bisa makan di sembarang tempat. Dan waktu makan-makan, gue ngobrol banyak sama Prof. Lee Jae Yeol. Ternyata orang nya asik juga dan humoris.

Paling seru pas dapet kelompok terakhir. Kebetulan kelompok yang gue pegang ketiga-tiga nya adalah cowok. Ada Theo sama Shawn dari UC Davis, dan Hyun Woo dari Yeungnam. Hyun Woo, sumpah ini anak kocak banget. Dari pertama gue ngejelasin, dia nya senyum-senyum mulu. Gue gak tahu dia kenapa, cuma gue rada-rada takut aja gigi nya jadi kering. Berhubung kita praktikumnya pake furnace sampai suhu 400 deg C dan dia rajin sekali nyemplungin sampel-sampel nya ke dalam situ, melting-in sama ngre-melting.
Bahasa Inggrisnya cas cis cus bener, setelah gue tanya ternyata dia pernah setahunan lebih belajar bahasa Inggris di USA. Pantesan aja. Dan nih anak gak berhenti bikin ulah, ada-ada aja ulahnya.

Baru mulai aja si doi udah nyeletuk,  
"May we do experiment until over time? So that we can stay here longer with you."

"Nope, don't you think that I need to have dinner?"


Si Shawn, ini anak ternyata pendiem dan malu-malu. Gue udah pernah kenalan pas welcoming party. Ternyata orang tuanya dari Laos, tapi dia lahir dan besar di USA. Si Shwan ini kyut dan chubby-chubby gitu.Belakangan, gue baru tahu kalo dia usianya jauh lebih muda dibandingkan 2 orang yang lainnya.

Kalo si Theo, dia orang China. Kampungnya di Taiwan atau Hong Kong kalo gak salah. Sama seperti Shawn, di lahir dan besar di USA. Si Theo ini anaknya cukup friendly. Dia gue kasi tugas pegang komputer ngoperasiin program PicoLog buat nge-record cooling curve.

 Name tag gue *hahaha... gak penting banget, numpang narsis doang sebenarnya... :D

Sembari menunggu eksperimen yang lamanya bisa bikin orang ketiduran, gue buka-buka facebook di komputer lab. Ketahuan buka facebook, kemudian mereka nanya account FB gue. Gue gak mau ngasi tahu, langsung gue tutup. Gak kurang akal, mereka nge-search dari name tag gue di iphone masing-masing. Ya gak bakalan nemu, secara nama FB gue beda jauh sama nama aseli... Akhirnya, si Hyoon Woo nyari dari history komputer yang abis gue pake. Tetep gak nemu. Facebook di komputer itu terus di blok sama dia. Dan gue pun jadi gak bisa log in setelah gue coba berkali-kali.

Gak bisa log in ya? Hihihi...

Komputernya elo apain nih? Facebook nya elo blok ya?

Siapa suruh gak mau ngasi tau facebook elo apaan! Sini-sini gue bukain lagi!
*komputernya berbahasa Korea, mana gue ngerti

Akhirnya dibukain sama dia dan gue pun bisa log in kembali. Dan dia pun jadi tau account facebook gue apaan...

Terus lagi, buku manual gue yang notabene disitu ada jawaban soal buat sampel unknown kelompok mereka, diambil dan disembunyiin sama dia.

Eh, ini buku buat gue ya!

Eh, gak boleh. Sini balikin.

Enggak ah...

Balikin gak! Kalo gak mau gue bilangin ke Prof. lhoh! Atau gue kasih sampel tambahan lagi buat kelompok elo!

Dia tetep gak mau balikin. Sampai akhirnya gue bilang ke Dong Kyun buat ngambilin dari dia... Doh, ada-ada aja nih anak...

Terus dia nanya-nanya ke gue juga,

Eh, elo orang mana?

Bukannya tadi udah disebutin sama Prof. di kelas ya? Orang kayak elo ini kayaknya gak bakal dengerin Prof. bilang apa.

Gue dengerin tapi gue lupa.

Coba tebak gue orang mana!

Orang Arab ya?

Beuh, enggak! Gue orang Indonesia.

Oohh... Terus agama elo apaan?

Elo gak liat ini gue pake kerudung gini. Gue Islam berarti.

Tapi elo gak kayak Muslim yang gue temui pas di Amerika. Kalo gue mau ngajak ngobrol pasti mereka pergi duluan.

Hahaha... Ya, iyalah. Soalnya elo kayak preman. Kkkkk
 Di lain kesempatan dia nanya lagi,

Do you like Korean?

Mwo? Korean or Korea?
Korean and Korea...

I like Korean actor... Kkkkk

Damn... Siapa emang yang elo suka?

Jung Young Hwa. Tau khan? Personilnya CN Blue. Keren banget.

Young Hwa? Ah, gak bagus dia itu. Badannya gak proporsional. Kepalanya gede tapi badannya kecil. Gak bagus lah pokoknya.


~Enak aja bilang Young Hwa gak keren

Ah, gak bisa... gak bisa... Menurut gue sih Young Hwa keren abis.

Gara-gara debat tentang Young Hwa, sampai-sampai si Theo penasaran pengen liat yang namanya Young Hwa. Langsung di search-in di Iphone nya...

Nih, yang namanya Young Hwa...!

Mana... mana... mana?
si Theo bilang.

Keren khan! gue menimpali.

Anyway, mereka akhirnya selesai lebih cepet, dengan sampel yang telah dikerjain lebih banyak pula.

0 comments: