Wednesday, 3 August 2011

Nonton Pohang Firework Festival 2011

Kira-kira tahun 2010 yang lalu, si HC Oppa nunjukkin ke gue video rekaman pas dia nonton festival kembang api (firework festival) di Pohang. Gue mupeng abis. Bagus banget... Sumpah!
Pas giliran ada firework festival di Busan, gue nya malah ada conference ke Jeju. Jadi gak bisa nonton.
Dan kali ini, gak boleh gagal nonton firework festival di Pohang. Di tengah hujan yang sangat deras di Gyeongsan, gue berangkat ke Pohang seorang diri... *sambil berharap dan berdoa di Pohang gak hujan.
Gyeongsan - Pohang, 2 jam... *lewat  Gyeongju ditambah dengan macet di jalan Gyeongju - Pohang
Sampai terminal, naik bis kota Pohang menuju Bukbu beach... *macet gila-gilaan, klo normalnya mungkin ditempuh cuma 20 menit, malam itu sampai sekitar 2 jam-an
Nyampe di pantai tempat berlangsung acaranya, penuh sesak dengan orang. Tapi untung masih dapet tempat duduk. Gue janjian ketemuan sama temen gue yang kuliah di Pohang, si A sama si T. Ada juga Mas A dari Busan. Jadinya kita nonton firework nya bareng-bareng berempat. Gak ada foto-foto kembang apinya yang bagus soalnya kamera cupu gue gak bisa buat ngambil gambar kalo malem-malem, blur semuanya. Tapi gue ada rekamannya, liat aja di bawah. Itu adalah best performance, dari China. Ada beberapa negara yang tampil, Portugal, China, sama Australia, yang menang dari China. Dan ditutup penampilan dari Korea, yang ini keren abis.





Oiya, barangkali ada yang belum pernah nonton International Firework Festival dan berencana mau nonton di kemudian hari, ada beberapa hal yang perlu untuk diperhatiin :
(Ini in case tempatnya di pantai, misalnya di Busan atau di Pohang. Kalau di Seoul, lain lagi ceritanya barangkali ya, soalnya khan enggak di pantai acaranya.)

1. Dateng ke tempat acaranya beberapa jam sebelum acara dimulai. Soalnya jalanan bakal macet banget banget, bete. Selain itu biar dapet spot yang bagus untuk liat kembang apinya. Menurut gue lebih enak posisi di tengah-tengah, jangan yang paling depan atau yang paling belakang. Kalo misalnya nanti butuh keluar-keluar, ke toilet atau mau sholat, yang penting cari tempat buat duduk dulu.
2. Bawa tiker buat duduk. Sebenarnya bisa duduk langsung di atas pasir, tapi bakalan kotor dan kurang afdol aja gitu.
3. Siapin makanan, snack atau minuman. Soalnya pas elo nunggu acaranya mulai, bakalan lumayan lama dan acara kembang apinya pun sekitar 2 jam. Jadi daripada kelaperan di tengah-tengah acara mending bawa makanan. Sebenarnya di deket area acara banyak yang jualan makanan, tapi gak enak aja gitu kalo misalnya keluar cari makanan di tengah-tengah acara.
4. Bawa kamera atau alat perekam yang mumpuni untuk mendokumentasikan acara. Pengalaman gue, kesel sama kamera yang ternyata gak bagus buat moto pas malem-malem.
5. Bagi cewek, lebih baik jangan pake high heel deh, atau kalaupun pake jangan tinggi-tinggi heel nya. Soalnya mengingat area nya di pantai bakalan susah kalau mau jalan cepet-cepet.
6. Bawa pasangan, pacar atau suami/istri bagi yang sudah menikah. Menurut pengamatan gue, sebagian besar yang nonton itu berpasang-pasangan. Dan sumpah, nonton kembang api yang menyala indah di langit with your beloved one, itu adalah sangat amat romantis.

OK deh segitu aja dulu... 
Gue masih pengen nonton lagi kalau misalnya masih ada kesempatan di kemudian hari...

0 comments: