Tuesday, 25 October 2011

Cowok Korea dan Panggilan Oppa

Yang Korean maniak pasti sangat amat familiar dengan istilah ini, Oppa (Hangeul-nya begini 오빠). Gue tahu para K-Pop lover suka ber-Oppa-Oppa ria menyebut para idola nya. Walaupun si Idola nya itu bahkan jauh lebih muda. Tapi mungkin udah ada pergeseran arti barangkali bahwa Oppa bisa dipake untuk memanggil para idol berapapun usianya, gue kurang tahu kalo soal ini. Setahu gue, Oppa yaitu panggilan oleh cewek kepada cowok yang lebih tua. Kalo di Indonesia, hampir setara dengan Mas/Abang kali ya. Tapi bedanya, cowok manggil cowok yang lebih tua gak bisa pake Oppa, tapi Hyong (형). Biasanya orang-orang yang pacaran juga manggilnya Oppa-Oppa-an (tentu saja dengan gaya manja :P). That's why, salah satu senior cewek gue di sini, yang dari Indo juga, gak pernah mau manggil cowok Korea dengan sebutan Oppa. Beliau nya sekarang sudah lulus dan kembali ke Indo. Setelah gue tanya, "Lhoh emangnya kenapa Mbak? Kok gak mau manggil Oppa?"
"Iya, soalnya kalo manggil Oppa kayak orang pacaran gitu sih" alasan beliau.

Temen gue beda lagi, yang seangkatan dan seumuran sama gue. Hampir semua cowok Korea disini yang lebih tua dipanggilnya dengan sebutan Oppa. Pun buat anak undergradute (S1). Kadang gue kebawa, temen lab nya dia yang undergraduate gue panggil Oppa karena ngikutin dia.

Kalo gue sendiri gimana? Hmmm... gue sendiri beda lagi juga cara manggilnya. Suka-suka gue. Ada yang jauh lebih tua gue panggil nama. Ada yang cuma beda setahun gue panggil Oppa. Gue seperti bikin rule sendiri gitu. Hohoho... Buat gue, yang gue panggil Oppa itu adalah senior baik dalam bidang akademik maupun dalam segi umur. Anak S1, gue gak mau manggil Oppa walaupun rata-rata usia mereka yang udah tahun-tahun akhir lebih tua dari gue. Gue khan S2, lebih senior dari mereka (rule di kampus lama dibawa-bawa). Temen S2 yang seangkatan, gak gue panggil Oppa padahal usia mereka jauh di atas gue. Buat gue, mereka adalah teman seangkatan.

Dulu, pas awal dateng kesini, gue malah gak tahu kalo manggil cowok yang lebih tua itu harus dengan sebutan Oppa. Jadinya senior lab gue yang usianya 6 tahunan di atas gue, gue panggil pake nama. Dan kala itu di lab gue gak ada yang gue panggil dengan sebutan Oppa. Gue aman karena gue foreigner. Kata temen cewek gue yang Korea, kalo cewek Korea gak manggil Oppa sama cowok yang lebih tua, "Emangnya mau mati?".

Dan akhirnya gue kadang kena marah karena rule yang gue bikin sendiri tersebut. Banyak yang protes, "Idham, kamu harusnya manggil Oppa!" Dan serangkaian ceramah setelahnya... Tapi gue tetep ngeyel dengan rule gue. Terus kemudian, kena omel lagi, "Kamu di Korea, harusnya ngikutin rule Korea dong" mereka bilang. Alhasil, beberapa anak S1 ada yang gue panggil Oppa atas request khusus.

Tapi dari pengalaman gue, gak semua cowok-cowok Korea itu mau dipanggil Oppa lhoh. Beberapa orang request buat dipanggil Oppa. Tapi beberapa orang justru gak mau dipanggil Oppa sama foreigner. Kata mereka, alasannya adalah malu...

Seperti beberapa waktu yang lalu, gue minta tolong sama anak lab lain yang jelas-jelas jauh lebih tua dari gue. Karena takut dibilang gak sopan, gue berinisiatif manggil Oppa. Tapi akhirnya, dia malah menolak, nyuruh manggil nama aja. Terus beberapa waktu yang lalu, ada senior dari sini (tapi dari lab lain) yang sudah lulus, gak mau dipanggil Oppa karena malu, suruh panggil nama aja. Mungkin usianya sekitar 8-10 tahunan lebih tua dari gue. Dan terakhir, anak S1 yang setahun lebih tua dari gue, gak mau di Oppa dengan alasan malu juga.

So far, senior-senior dari lab gue sendiri yang udah lulus maupun yang masih di lab, gak keberatan dengan panggilan Oppa....

So, Oppaaaaa.... nomu bogosippooooo!  :P

5 comments:

wtk07 said...

bahasanya loe gue, orang betawi ya doski?

Idham 다미시 said...

Tidak juga...
Gak ada larangan khan pake lo gue buat orang selain Betawi... ^^

isetyabudi said...

wah...selalu ada waktu dan cerita untuk ditulis ya :))

Idham 다미시 said...

karena bercerita dan menulis di blog ini adalah salah satu kesenangan saya... :)

Kang Artha said...

wah ini ya artinya opa, oke oke sip sip alhamdulilah saya dipanggil oppa