Wednesday, 30 November 2011

Hidup Itu...

.... berputar... 
Sudah banyak dan tak terhitung orang menanyakan beasiswa Korea ke gue dan tak terhitung juga gue menjawab pertanyaan dari orang-orang seputar beasiswa ke Korea. Beberapa kali membantu prosesnya sampai akhirnya bisa diterima disini... Bahkan gue jadi salah satu admin di page beasiswa ke Korea... Ngepost-ngepost dan ngeshare-ngeshare info beasiswa yang ada di Korea... Dan sekarang giliran gue yang berada di posisi mereka... Jadi pencari beasiswa... Happy scholarship hunting! 
And keep fighting~ Hahahaha... 
Btw, ini blogspot lagi kenapa ya, tampilannya jadi aneh bener... -_-

Why?

It was just messages I sent which weren't replied back by someone. 
Why does it make me so sad? 
Why does it so burden me? 
Why are they like that? 
Every I get ignorance, once it deeply drive me to think what my mistake, what wrong with me, what happen and so on... 
So many "what" and "why"... And why do I feel hurt? 

Aaaaa... Ini gue mau thesis defense malah mikirin yang enggak-enggak... ㅠㅠ

It's Pleasure


Me : "Prof, may I still stay in this lab after graduated while searching for scholarship or job? I need to extend my visa which will be expired on February."
Prof : "Oh, sure. It's pleasure for me to have you here."


Seketika air mata saya seperti hendak keluar. Saya terharu, dan ini untuk kesekian kalinya atas kebaikan-kebaikan orang yang ada di depan saya tersebut.

Lebih dari itu, saya merasa di"manusiakan" dan kehadiran saya disana dihargai.

Monday, 28 November 2011

HHC

Harap-harap cemas menunggu jawaban, ijin menyangkut masa depan...
Atau gue bakalan ditarik suruh pulang...

Still want to live here little longer...
Still don't want to come back home for this time...

Still want to study much more...

But, I couldn't just think about myself only...
Couldn't just think of what I want...
Couldn't just think of what I eager to do...
Couldn't be selfish...

etc...

So confused...


ㅠㅠ

Sunday, 27 November 2011

Quote of The Day

:: Sometimes we must get hurt in order to grow, we must fail in order to know. Sometimes our vision clears only after our eyes are washed away with tears ::


All you need is just to stand up!

Dan ternyata gue gagal!
Pendaftaran Taegu Tec ternyata sudah ditutup minggu kemaren tanpa
gue tahu akan hal itu sebelumnya.

Kadang memang hal-hal seperti itu bisa saja terjadi, sesuatu yang sepertinya sangat dekat dengan kita, di depan mata kita dan tinggal beberapa langkah lagi, ternyata bisa lepas begitu saja.
Harus siap menerima hal-hal yang seperti itu, dan itu bukanlah akhir dari segalanya.

Maka dari itu, perlu ada yang namanya plan B... *halagh

Mungkin untuk saat ini, gue disuruh belajar dulu daripada kerja kali ya...
Tapi pun gue baru aja kena teguran juga kalau misalnya langsung lanjut S3...
Bukan cuma 1 atau 2 orang ngomong hal yang sama, intinya inget umur dan katanya semakin tinggi tingkat pendidikan seorang cewek, seperti piramida yang semakin menyempit ke atas, semakin sempit pula kesempatannya untuk mendapatkan seorang pasangan.
Gue balikin lagi, "Urusan jodoh itu udah ada yang ngatur kok"
Dimentahin lagi, "Iya, tapi kita juga harus tetep berusaha..."


Let's see lah ya! Arah angin akan membawa kaki ini kemana...
Intinya, keep going and keep trying the best~
Dan jangan lupa, banyak-banyak berdo'a juga...
Kalo belum dapet ini itu, namanya belum rejeki...
Apapun, semua harus disyukuri...

OK, whatever happen cheer up lah!

Friday, 25 November 2011

Chirping


Draft thesis selesai... jadi sekitar 100-an halaman, dari hasil bertapa bermalam-malam di lab.
Alhamdulillah... Dan besok mesti diserahin ke Profesor penguji.
Barusan dapet kabar dari Prof. gue kalo jadwal sidang dimajuin, jadinya minggu depan dari rencana awal 2 minggu lagi. Waktu Prof. ngirim email, bilang closed session defense "next Wednesday", gue dengan polosnya nanya ke Prof. "Prof., next Wednesday itu maksudnya tanggal 7 Des khan bukan 30 Nov?". Soalnya kemaren baru aja Prof. bilang kemungkinan sidang gue tanggal 7-8.
Dan seketika shock seketika waktu dapet balesan, "No, Nov 30"  *rada lebay*
Hohohoho... tinggal sekitar 5 hari tersisa~ draft aja sekarang belum dikumpul.

Oiyah, draft thesis gue gak diperiksa sama Prof. dong sebelum dikumpulin, karena saking sibuknya beliau gak ada waktu sama sekali, hohoho. Gue wonder, kira-kira ada gak ya yang lainnya yang draft thesis nya gak diperiksa sama supervisor nya...
Semoga semua lancar-lancar aja... gak perlu takut atau khawatir walaupun konon katanya salah satu Prof. penguji gue cukup "menakutkan"... *menghibur diri sendiri*

Oiyah, kayaknya gue rada gila kali ya... Kalo yang lainnya abis urusan thesis selesai pengennya selesai, dan rata-rata klo bisa gak mau berurusan dengan manuscript-manuscript an lagi....
Eh, gue malah entah dengan sadar atau enggak waktu itu pas di Jeju abis conference bilang ke Prof. "Gimana kalau kita bikin manuscript satu lagi Prof. sebelum saya lulus? Saya pengen bikin dye sensitized solar cell sendiri dari TCO yang saya bikin."
Ya pasti Prof. langsung bilang, "Sure" dan langsung nyuruh gue bikin abstract buat di submit ke semiconductor conference nanti di Seoul bulan Feb.
Entah, gue waktu itu sedang keracunan apa atau sedang mabok apa sedemikian sehingga "bunuh diri"... hahaha...
Manuscript berarti eksperimen bejibun, sputtering, karakterisasi dan nulis manuscript nya itu sendiri selama berminggu-minggu... Sibuk bo'... Berarti bakal gak ada waktu bersantai-santai lagi sampai gue wisuda nanti... Lumayan, ada waktu sekitar 2 bulan sebelum passport abis setelah sidang... Padahal gue ngebayanginnya, abis sidang thesis bebas lepas, maen-maen, jalan-jalan, masak-masak buat mensukseskan "Korean Food Project" gue, hahaha... Tapi sepertinya tempat gue berada sampai saatnya wisuda nanti adalah lab... lab dan lab....

Tapi emang kata orang, kadang-kadang gue rada gila... Hey, gpp, sedikit gila itu diperlukan kadang-kadang!! :D

Hmmm.... Semoga keputusan ini benar! Dan gue yakin ini benar. Gue cuma pengen menghasilkan dan membuat sesuatu selama jadi researcher disini dan publikasi International  adalah salah satu parameternya, sebagai bukti hasil kerja kita bisa diterima dan dibaca oleh ilmuwan-ilmuwan lainnya di dunia...
Gue pengen waktu 2 tahun gue disini bener-bener jadi waktu yang berharga dan produktif, karena gue pernah denger klo graduate life itu adalah saat-saat emas...
Anyway, tp kok semakin kesini, semakin banyak belajar, gue merasa malah semakin bego, gak ada apa-apanya. Ilmu dan pengetahuan gue ibarat gak ada apa-apanya sama sekali, gue ngerasanya baru sedikit banget-banget hal yang gue tahu...  T.T
Tapi, cita-cita gue buat lanjut S3 masih gue pegang. Walaupun gak bisa sekarang, semoga bisa suatu saat nanti di negara impian gue... :D


Wah baru nyadar klo gue udah gak lagi muda, tahun depan 25 tahun euy... Mau dong hadiah ulang tahunnya, paper ketiga bisa publish... hihihi... *ngarep

Friday, 18 November 2011

On Hiatus

Do you love me? If yes, then let me go for a while...
There’s a saying that goes, “If you love someone, let that person go.”
And as you know, I love you, too...my azureus...
Forgive me! But, so far, you're the best hearer I ever had... 
Never complaining, never interrupting, never blaming and so on...
Separation is always not easy, but I should do that...

Take care... 
And see you again with the joy, cheerfulness and sunshine that hopefully I could share with you...
Wish me luck for handling all of this things... Complicated feeling that should be overcome...
Because no one really care and can help us much more except ourselves, right?
Don't miss me! And I'll miss you...

Wednesday, 16 November 2011

Blank Syndrome

The schedule of thesis defense was already come out today. The date and time when we should present our work during pursuing the degree was already fixed, that will be on Dec 14th during range time of 09.00 ~ 16.30 at seminar room in our department. We haven't known yet how the order though, but 18 students both of Master and Doctor degree candidate are listed there. Thesis defense matter always sounds scary, dreadful, breathtaking and worrying, the time which almost students take it into account and always be remembered. Once I attended the same defense a year ago which was open session; many professors come and showered with intimidating questions look like. And of course, it should be in English. It was different with defense when I was on undergraduate, there were only 3 lecturers and one of them was my supervisor. It was close session though.

Nevertheless, knowing the time is not much left, I'm still stuck in front of my computer facing with my thesis worksheet. But what I can do is just thinking blank without any idea can come out from my head, just viewing some data and previewing the previous written. So deeply blank, couldn't write even one sentence to continue composing it. Oh, how difficult it is, to start again when it's suspended. I'm kinda desperate with this blank syndrome. 

Come on, brain! Could you, please? This is not the time to adhere your kind of saturated feeling on academic writing~   ㅠㅠ

Sunday, 13 November 2011

Nov. 7, 2011


Nov. 7, 2011

Menulis ini ketika sedang berada di Internet Room, ICAE 2011 (International Conference on Electromaterials 2011) di Ramada Hotel, Jeju Island. Di seberang sana, ada Hong Chan oppa, Jung Min oppa yang datang kemaren dari Jepang sama Dong Jin, yang entahlah sedang mengobrol tentang apa...Di luar sedang mendung, sejak tadi pagi nyampe sini sampai sekarang. Dan babonya, gue salah kostum.... huhuhu...

Aahhh... Gue lega! Lega banget... Setidaknya, manuscript ketiga gue selesai dan semalem udah submit. Setelah beberapa waktu terakhir ini, sangat amat disibukkan dengan  urusan tersebut. Terutama 2 minggu terakhir, gue udah kayak orang yang gak punya rumah aja. Gue hampir gak pernah pulang dan tidur di rumah. Pulang palingan cuma buat mandi dan kadang makan. Yang lainnya juga sama, si Edit, Hong Chan Oppa sama si Dong Jin. HC Oppa bahkan sampai 4 hari gak pulang sama sekali ke rumahnya di Daegu. Dan gue saking gak pulang-pulang, sampe gak ngeh kalo housemate gue pergi ke Turki. Sampe gak ngeh kalo daun-daun udah hampir semuanya menguning dan bahkan hampir semuanya gugur. Parah bener, semua orang di lab sangat amat sibuk dan berusaha melakukan usaha terbaik yang bisa kami lakukan, bikin manuscript dengan waktu yang terbatas. Gue tahu semua sudah berusaha mati-matian. Sebenarnya, gue udah publish 2 buah paper dan keduanya jurnal SCI. Bahkan persyaratan buat bisa lulus S2 disini pun cuma sampe submit doang, gak harus sampe publish. Tapi selama masih bisa dan mampu, kenapa enggak. Gue pengen nanti pas lulus, bukan hanya sekedar lulus dapet ijazah, paling enggak ada hasil karya yaitu paper atas nama gue yang bisa gue tinggalin buat di lab...

Capek banget, kurang tidur, pusing.... Gue akuin 2 minggu terakhir ini berat untuk dijalani. Terlebih karena data gue overlapping dan harus mengambil celah-celah buat discussion nya. Berhari-hari gue nyari referensi buat data XPS karena sebelumnya gue belum pernah ngarakterisasi sampel gue pake XPS. Dan prof. gue sendiri pun beliau kurang begitu mengerti tentang XPS. Kemaren bahkan pas lebaran Idul Adha, gue nginep di lab malamnya dan baru bisa pulang malam berikutnya lagi. Ada Mbak Windu dan Astri yang nginep di rumah, terpaksa gue tinggalin. Hari Minggu pagi masih ada revisi manuscript, saking sibuk dan padetnya Prof.. Siangnya ke kampus, sore hari nya langsung berangkat ke Jeju karena beliau jadi General Secretary conference yang akan kami attend.

Dan karena emang data gue yang sekarang overlapping sama paper yang sebelumnya, Prof. bilang manuscript gue gak bagus sama sekali. But, at least, gue udah ngelakuin usaha terbaik yang bisa gue lakuin. Toh nanti manuscript gue bisa publish lagi atau enggak, itu urusan belakangan dan gue yakin Allah punya rencana yang terbaik.

Di balik semua ini, gue yakin akan jadi sesuatu yang akan gue kangenin suatu saat kelak, saat-saat paling hectic dan melelahkan ketika gue kuliah. Persis ketika gue udah mulai kerja dulu, dan tiba-tiba merindukan kembali saat-saat dimana gue sangat sibuk dengan urusan kuliah, di kejar deadline ini itu, belajar untuk ujian ini itu dst.
Satu step telah terlewati, manuscript ketiga selesai. Next, fokus untuk urusan thesis : menulis dan defense untuk bulan depan. Memulai menulis thesis kembali setelah sebelumnya terlantar dikarenakan prioritas nulis manuscript ketiga.

Let's back on fire to write your thesis, Dham! And hope everything goes well until the day~ The day when you could use Master degree title behind your name....

Friday, 4 November 2011

Random Words

Hope                  Dream                       Thankfulness              Missing                 You
Coffee                Messed up                 Smile                         Boredom               Computer
Warm                 Tired                          Music                        Satisfaction            Sound
Effort                 Laugh                         Writing                       Heater                  Doing
Light                  Waiting for                  Message                     Paper                    Sleepy
Dark                  Silent                          Noodle                       Cold                    Books
Saturated           Luminescence             Effort                          Cups                    Wasting
Sensitive            Disappointed               Blue                           Chair                    Hungry