Friday, 25 November 2011

Chirping


Draft thesis selesai... jadi sekitar 100-an halaman, dari hasil bertapa bermalam-malam di lab.
Alhamdulillah... Dan besok mesti diserahin ke Profesor penguji.
Barusan dapet kabar dari Prof. gue kalo jadwal sidang dimajuin, jadinya minggu depan dari rencana awal 2 minggu lagi. Waktu Prof. ngirim email, bilang closed session defense "next Wednesday", gue dengan polosnya nanya ke Prof. "Prof., next Wednesday itu maksudnya tanggal 7 Des khan bukan 30 Nov?". Soalnya kemaren baru aja Prof. bilang kemungkinan sidang gue tanggal 7-8.
Dan seketika shock seketika waktu dapet balesan, "No, Nov 30"  *rada lebay*
Hohohoho... tinggal sekitar 5 hari tersisa~ draft aja sekarang belum dikumpul.

Oiyah, draft thesis gue gak diperiksa sama Prof. dong sebelum dikumpulin, karena saking sibuknya beliau gak ada waktu sama sekali, hohoho. Gue wonder, kira-kira ada gak ya yang lainnya yang draft thesis nya gak diperiksa sama supervisor nya...
Semoga semua lancar-lancar aja... gak perlu takut atau khawatir walaupun konon katanya salah satu Prof. penguji gue cukup "menakutkan"... *menghibur diri sendiri*

Oiyah, kayaknya gue rada gila kali ya... Kalo yang lainnya abis urusan thesis selesai pengennya selesai, dan rata-rata klo bisa gak mau berurusan dengan manuscript-manuscript an lagi....
Eh, gue malah entah dengan sadar atau enggak waktu itu pas di Jeju abis conference bilang ke Prof. "Gimana kalau kita bikin manuscript satu lagi Prof. sebelum saya lulus? Saya pengen bikin dye sensitized solar cell sendiri dari TCO yang saya bikin."
Ya pasti Prof. langsung bilang, "Sure" dan langsung nyuruh gue bikin abstract buat di submit ke semiconductor conference nanti di Seoul bulan Feb.
Entah, gue waktu itu sedang keracunan apa atau sedang mabok apa sedemikian sehingga "bunuh diri"... hahaha...
Manuscript berarti eksperimen bejibun, sputtering, karakterisasi dan nulis manuscript nya itu sendiri selama berminggu-minggu... Sibuk bo'... Berarti bakal gak ada waktu bersantai-santai lagi sampai gue wisuda nanti... Lumayan, ada waktu sekitar 2 bulan sebelum passport abis setelah sidang... Padahal gue ngebayanginnya, abis sidang thesis bebas lepas, maen-maen, jalan-jalan, masak-masak buat mensukseskan "Korean Food Project" gue, hahaha... Tapi sepertinya tempat gue berada sampai saatnya wisuda nanti adalah lab... lab dan lab....

Tapi emang kata orang, kadang-kadang gue rada gila... Hey, gpp, sedikit gila itu diperlukan kadang-kadang!! :D

Hmmm.... Semoga keputusan ini benar! Dan gue yakin ini benar. Gue cuma pengen menghasilkan dan membuat sesuatu selama jadi researcher disini dan publikasi International  adalah salah satu parameternya, sebagai bukti hasil kerja kita bisa diterima dan dibaca oleh ilmuwan-ilmuwan lainnya di dunia...
Gue pengen waktu 2 tahun gue disini bener-bener jadi waktu yang berharga dan produktif, karena gue pernah denger klo graduate life itu adalah saat-saat emas...
Anyway, tp kok semakin kesini, semakin banyak belajar, gue merasa malah semakin bego, gak ada apa-apanya. Ilmu dan pengetahuan gue ibarat gak ada apa-apanya sama sekali, gue ngerasanya baru sedikit banget-banget hal yang gue tahu...  T.T
Tapi, cita-cita gue buat lanjut S3 masih gue pegang. Walaupun gak bisa sekarang, semoga bisa suatu saat nanti di negara impian gue... :D


Wah baru nyadar klo gue udah gak lagi muda, tahun depan 25 tahun euy... Mau dong hadiah ulang tahunnya, paper ketiga bisa publish... hihihi... *ngarep

2 comments:

Mutia said...

kak idham, jadi langsung pulang ke indonesia ya?

Idham 다미시 said...

Belum tahu Mut... Masih betah disini nih, belum pengen pulang ke Indo dulu... ㅠㅠ