Thursday, 1 December 2011

Jajajajajaja....


"Bu, saya mau langsung S3 ya? Mumpung ada kesempatan dan ini adalah cita-cita saya. Gimana, boleh gak?" 
"Hah, terus kapan kamu mau nikah? Kapan kamu berumah tangga? Inget sama umur! Kamu enggak kasihan sama adik kamu?
"Kenapa emang bu?"
"Lha iya, khan mesti nungguin kamu nikah dulu baru dia bisa nikah. Kamu mau nanti dilangkahin adik kamu? Kamu enggak kasihan sama diri kamu sendiri?"
"Gak apa-apa bu. Adik nikah duluan juga enggak apa-apa." *duh, dasar orang Jawa masih memegang teguh adat
"Bukan cuma itu. Kalau kamu S3 sebelum nikah, nanti kalau ada yang suka sama kamu, dia bakalan mundur dan gak berani maju liat latar belakang pendidikan kamu.
"Jodoh itu sudah ada yang mengatur khan, tenang saja bu"
"Emang berapa tahun rencananya?
"Cuma 4 tahun kok bu"
"Hah, 4 tahun? Bla... bla... bla... bla... "

Dan gue cuma bisa dengerin aja....
Ada rasa prihatin dan khawatir tersirat dari suara ibu.

Ujung-ujungnya, "Jaga diri baik-baik, kamu jauh dari keluarga. Ibu gak bisa ngapa-ngapain kalau kamu kenapa-kenapa, cuma bisa doain. Minum air yang banyak, inget batu ginjal kamu. Minum susu juga."
Ah, gue jadi tambah sedih... Gue jarang minum air putih dan gue gak terlalu suka sama susu.

Selama ini gue gak terlalu menganggap serius kalau orang lain ngomong mengenai urusan nikah dan mencari pasangan. Mungkin entah sudah berapa orang ngomong ke gue hal yang sejenis. Tapi kali ini, ibu gue sendiri yang ngomong. Dan ini bikin gue sangat kepikiran... Beberapa hari ini gue gak bisa tidur.... ㅠㅠ

Belum lagi roommate gue yang hampir tiap waktu mencekokin gue dengan hal serupa hampir seperti minum vitamin gue denger,
"Dham, buruan nikah lah sana. Atau paling enggak nyari calonnya dulu!
Terus paling banter gue jawab, "Nikah ama siapa cuy?"
"Cari sanaaaaaa!!!"
"Cariin gih!"
"Saya cuma khawatir kamu nanti jadi lupa"

Siapa orangnya yang gak mau menikah, punya keluarga dan punya pasangan... Cuma mungkin waktu nya aja yang belum...

Jajajajaja... Gue tertekan dengan urusan nikah-menikah!
Terus gue mesti menekan balik siapa? ㅠㅠ

0 comments: