Sunday, 13 November 2011

Nov. 7, 2011


Nov. 7, 2011

Menulis ini ketika sedang berada di Internet Room, ICAE 2011 (International Conference on Electromaterials 2011) di Ramada Hotel, Jeju Island. Di seberang sana, ada Hong Chan oppa, Jung Min oppa yang datang kemaren dari Jepang sama Dong Jin, yang entahlah sedang mengobrol tentang apa...Di luar sedang mendung, sejak tadi pagi nyampe sini sampai sekarang. Dan babonya, gue salah kostum.... huhuhu...

Aahhh... Gue lega! Lega banget... Setidaknya, manuscript ketiga gue selesai dan semalem udah submit. Setelah beberapa waktu terakhir ini, sangat amat disibukkan dengan  urusan tersebut. Terutama 2 minggu terakhir, gue udah kayak orang yang gak punya rumah aja. Gue hampir gak pernah pulang dan tidur di rumah. Pulang palingan cuma buat mandi dan kadang makan. Yang lainnya juga sama, si Edit, Hong Chan Oppa sama si Dong Jin. HC Oppa bahkan sampai 4 hari gak pulang sama sekali ke rumahnya di Daegu. Dan gue saking gak pulang-pulang, sampe gak ngeh kalo housemate gue pergi ke Turki. Sampe gak ngeh kalo daun-daun udah hampir semuanya menguning dan bahkan hampir semuanya gugur. Parah bener, semua orang di lab sangat amat sibuk dan berusaha melakukan usaha terbaik yang bisa kami lakukan, bikin manuscript dengan waktu yang terbatas. Gue tahu semua sudah berusaha mati-matian. Sebenarnya, gue udah publish 2 buah paper dan keduanya jurnal SCI. Bahkan persyaratan buat bisa lulus S2 disini pun cuma sampe submit doang, gak harus sampe publish. Tapi selama masih bisa dan mampu, kenapa enggak. Gue pengen nanti pas lulus, bukan hanya sekedar lulus dapet ijazah, paling enggak ada hasil karya yaitu paper atas nama gue yang bisa gue tinggalin buat di lab...

Capek banget, kurang tidur, pusing.... Gue akuin 2 minggu terakhir ini berat untuk dijalani. Terlebih karena data gue overlapping dan harus mengambil celah-celah buat discussion nya. Berhari-hari gue nyari referensi buat data XPS karena sebelumnya gue belum pernah ngarakterisasi sampel gue pake XPS. Dan prof. gue sendiri pun beliau kurang begitu mengerti tentang XPS. Kemaren bahkan pas lebaran Idul Adha, gue nginep di lab malamnya dan baru bisa pulang malam berikutnya lagi. Ada Mbak Windu dan Astri yang nginep di rumah, terpaksa gue tinggalin. Hari Minggu pagi masih ada revisi manuscript, saking sibuk dan padetnya Prof.. Siangnya ke kampus, sore hari nya langsung berangkat ke Jeju karena beliau jadi General Secretary conference yang akan kami attend.

Dan karena emang data gue yang sekarang overlapping sama paper yang sebelumnya, Prof. bilang manuscript gue gak bagus sama sekali. But, at least, gue udah ngelakuin usaha terbaik yang bisa gue lakuin. Toh nanti manuscript gue bisa publish lagi atau enggak, itu urusan belakangan dan gue yakin Allah punya rencana yang terbaik.

Di balik semua ini, gue yakin akan jadi sesuatu yang akan gue kangenin suatu saat kelak, saat-saat paling hectic dan melelahkan ketika gue kuliah. Persis ketika gue udah mulai kerja dulu, dan tiba-tiba merindukan kembali saat-saat dimana gue sangat sibuk dengan urusan kuliah, di kejar deadline ini itu, belajar untuk ujian ini itu dst.
Satu step telah terlewati, manuscript ketiga selesai. Next, fokus untuk urusan thesis : menulis dan defense untuk bulan depan. Memulai menulis thesis kembali setelah sebelumnya terlantar dikarenakan prioritas nulis manuscript ketiga.

Let's back on fire to write your thesis, Dham! And hope everything goes well until the day~ The day when you could use Master degree title behind your name....

0 comments: