Sunday, 10 June 2012

3 Sisters


We are 3 sisters... Do we look like each other?
From left to right : Uchy (2 years younger), Ria (13 years old younger) and me ^^

*Taken on our cousin's wedding

Tuesday, 29 May 2012

Diary, May 29, 2012

Dear Saphe,

Cuma mau laporan... Sekarang aku telah berada di tanah air tercinta dengan selamat sentosa....
Tapi sayang nya Lasem terlalu panas.... Jadi sekarang lagi ngadem di Rembang...
Ketemu semua anggota keluarga... Senang sekaliiiiii~~~

Banyak hal yang ingin diceritakan sebenarnya... Nanti kapan-kapan aja lah ya.... Sekarang cuma mau ngasi laporan singkat dulu....

Eh, rada susah internet di sini mah -__-
Enggak kayak di sana....

Nitip dia dan mereka-mereka yang ada di sana, ya!?! 

Monday, 14 May 2012

Diary, May 13, 2012


Dear Saphe,

Just want to let you know something;

I'm very happy... So happy today... And feel that  I'm so blessed

Thank you  a lot for today ^^

Thank you Allah~

Saphe, ini aku kasih oleh-oleh bunga biru dari sana. Aku sangat suka. Semoga kamu juga suka :D





Thursday, 10 May 2012

H-10


Dear Saphe,

Apa kabar? Ih, maaf ya kalo jarang diupdate... Aku punya rumah baru sekarang soalnyah, yang dipake cuma buat upload foto-foto, uummm... foto-foto narsis tepatnya *grin. Aku enggak tau kenapa sekarang-sekarang ini lebih suka posting foto daripada tulisan. Jadi maaf kalo jarang bertukar cerita...

Ummm... aku sekarang sedang menghitung hari keberadaanku di negeri ini. Sejujurnya, aku masih ingin di sini, masih merasa betah dan nyaman tinggal di sini. Dengan lingkungannya, dengan kehidupannya, dengan orang-orang sekitar dan lain-lain. Namun, sesuatu hal dan lainnya mengharuskan aku pulang terlebih dahulu.

Aku juga mau bertemu keluargaku, terutama ibuku....
Ah, Korea... negeri ini terlalu indah dan terasa berat untuk ditinggalkan... setidaknya untuk saat ini... Di sini penuh dengan orang-orang yang berlaku baik dan hangat terhadapku, surga tempat-tempat yang indah dan pengalaman-pengalaman yang mengajarkan makna hidup....

Tiba-tiba terlintas semua bayangan mereka-mereka, wajah Profesorku yang baik hati dan selalu murah senyum, temen-temen lab yang selalu bersama-sama dalam suka duka selama 2 tahun ini, roommate tempat berbagi susah senang, Keluarga Besar Gyeongsan, keluarga baru di UT yang serasa berat untuk ditinggalkan, teman-teman Kaskuser RKS yang menyenangkan dan saya anggap seperti sebuah keluarga,  teman-teman Daegu yang walaupun belum lama kenal tapi sudah serasa akrab dan begitu hangat, temen-temen di Perpika, anggota pengajian Gyeongsan, anak lab sebelah dan lantai 4, para senior lab, bibi penjual kue yang sangat baik hati terhadapku, dan lain-lainnya yang tidak bisa disebutkan satu per satu.

Dengan teman-teman UT di mana aku mengajar salah satu mata kuliah

Hiking ke Biseulsan dengan temen-temen lab dan anak capstone design

Ketika aku berulang tahun yang ke-25

 
Bersama mereka ketika hari raya

Mini gath kaskuser RKS di Hwacheon

Keluarga Besar Gyeongsan

Bersama Genk Galau ^^ (cr to Mas Win)

Hanbok photo session ^^ (Cr to Mas Fit)



Aku tahu kalau tiba saatnya nanti, aku pasti akan menangis seperti yang sudah-susah... Dari dulu, aku belum sanggup menguatkan diriku sendiri dari rasa kehilangan saat perpisahan... Walaupun aku tahu pasti bahwa di ujung pertemuan itu ada perpisahan yang sedang menunggu....
Tidak ada hal yang aku ingat selain kebaikan bersama kalian dan hal-hal yang baik dari kalian... Terima kasih telah mengajarkan aku untuk lebih peduli, mencintai dan menghormati orang-orang di sekitar kita...

Dan maafkan atas semua kesalahanku terhadap kalian :(

Tuesday, 1 May 2012

Jika Dia


“Ya Allah, jika dia benar untukku, yang terbaik untuk kehidupan dunia-akhiratku, dekatkanlah hatinya dengan hatiku. Mudahkanlah jalannya agar berpadu. Jika dia bukan untukku, damaikanlah hatiku dengan apapun ketentuan-Mu.”

Saturday, 21 April 2012

Still in Love - C.N. Blue

Still love him so much blushing
Those very cool guy with very very sweet smile~
Bergigi gingsul pulak ^^

Friday, 20 April 2012

Conference (Paling) Akhir


April 19, 2012

Dear Saphe, masih birukah langitmu?

Menyempatkan diri untuk mencoret-coret halamanmu... 
Cerita untuk hari ini, adalah menghadiri sebuah conference 'Korean Ceramic Society Spring Meeting 2012 di Daegu EXCO. Conference lokal sih, tahun kemaren juga pernah ikut pas Fall Meeting di Jeju Island. Enaknya sekolah di sini ya ini salah satunya, sering jalan-jalan gratis atas nama conference. Tapi jangan salah lhoh, ikut conference bukan berarti cuma jalan-jalan doank. Pra-conference nya itu lhoh, super ribet dan hectic kalau present poster, apalagi kalau harus submit paper. Beuh, bisa berhari-hari nginep di lab, seperti pas ICAE tahun kemaren, di Jeju juga. Kami berempat seperti hantu lab, saking berhari-hari lembur dan sampai nginep di lab. Untung di lab kami, anak S2 gak pernah dan gak di ijinin buat oral presentation...

Tapi tetep di conference ini, Prof. minta semua orang buat present. Makanya walaupun enggak ada data baru, Prof. tetep nyuruh poster gue yang kemaren buat dipasang. Bukan gue sih sebenarnya yang register, soalnya gue khan udah lulus dan sebentar lagi mau pulang. Tapi Hongchan Oppa yang register dan kirim abstract. Padahal itu poster udah 2 kali dipake conference, bahkan paper nya pun udah di-submit. Enggak ngerti deh, kayaknya akhir-akhir ini Prof. lagi 'gimana' gitu atau mungkin lagi 'semangat-semangat'-nya. Atau barangkali karena beliau jadi salah satu 'orang penting' dan panitia Korean Ceramic Soc. Ah masih feel guilty, beberapa waktu yang lalu sempet bikin beliau 'agak' marah. Padahal selama ini gue ngejaga banget-banget jangan sampai bikin beliau marah atau kecewa. Saking baiknya beliau, sampai enggak enak sendiri dan enggak tega kalau misalnya bikin beliau marah.

Gue pikir conference di Kyungpook Univ. bulan kemaren adalah conference terakhir gue, tapi ternyata masih ada lagi.... kkkk... Gue yakin saat-saat seperti ini akan sangat gue rindukan kembali suatu hari nanti sekembalinya ke Indonesia...

Trus hari ini gue ketemu Dongkyun di conference, anak lab sebelah yang kepada dia lah dulu gue belajar tentang TCO. Secara pas gue dateng, senior gue yang topik riset nya tentang TCO lagi cuti dan labmate yang lain beda topik sama gue. Alhasil gue kebingungan harus nanya ke siapa, dan untung ada si Dongkyun yang super baik hati dan banyak bantuin gue. Dia pun orangnya cerdas dan berpengetahuan luas. Sekarang dia udah kerja di sebuah daerah deket Seoul, kami ngobrol lumayan banyak. Dan kabar gembira, pas gue liat cincin ditangannya dan gue tanya apakah udah tunangan, ternyata emang udah dan dia mau nikah sebentar lagi. Gue kenal juga sama ceweknya dia dan pernah beberapa kali ketemu. Buat memastikan, gue tanya ceweknya masih sama dengan yang dulu apakah udah putus dan ganti yang lain. Dan ternyata emang masih yang dulu itu. Soalnya, si Cirrong oppa, anak lab sebelah juga temennya Dongkyun, putus sama pacarnya dan udah ganti yang lain.

Aniway, selamat ya Dongkyun ^^

Terus apalagi ya... Oiya, pas banquet di conference gue sebelahan sama Senior Researcher dari KICET, research institut ceramic yang cukup terkenal di sini. Orangnya baik dan ramah, kami pun ngobrol-ngobrol tentang banyak hal. Ternyata dulunya dia kerja di Samsung dan temennya salah seorang Prof. di jurusan gue. Dan pas gue tanya kenapa kok udah di Samsung tapi pindah. Tau lah Samsung itu gimana kalo di Korea, perusahaan nomer satu dan setiap orang pasti ingin kerja di sana, di samping gaji yang cukup gede. Alasannya adalah di sana tekanannya cukup tinggi dan harus bekerja ekstra keras. Beliau bilang enggak semua orang menyukai hal seperti itu, walaupun gajinya tinggi.

Ternyata, gaji gede itu bukan segala-galanya ya :)

Gue sempet minta kartu nama beliau dan sebaliknya, karena gue belum punya kartu nama, ya udah cukup nama saja dan nomer henpon. Dan beliau bilang kalau butuh bantuan berkaitan dengan ceramic characterization bisa menghubungi beliau. Dari hasil sapa-sapa dan beramah tamah ke orang yang tidak kita kenal, kadang bisa memperoleh sesuatu hal yang baru dan tidak kita duga.

Ah, gue nih hobi nya nyapa-nyapa orang atau ngajak ngobrol orang yang sebelahan atau deketan sama gue walaupun enggak kenal... Semoga enggak sampai ketemu orang jahat yang bermaksud jelek...
Cuma catetan gue, atau in case ada yang perlu barangkali, buat ke EXCO, dari Suseonggu Subway Station trus naik bis 323 atau 323-1... Kira-kira sekitar 30-45 menitan lah dari Suseonggu...

Sekian... Sebenarnya masih banyak hal, tapi kalo gue lanjutin enggak habis-habis ntar... I need to sleep right now... Hoam... Dan gue tetep masih jadi kalong, tidur pagi dan bangun siang bahkan sore hari... *Parah 

Oiya lagi, Saphe, gue udah dapet tiket pulang dong... Alhamdulillah ya... Gue mau jalan-jalan dulu sebelum dapet kerjaan setelah pulang nanti~

Tuesday, 17 April 2012

Lupakan!



4 perkara yang jika kita lakukan dalam hidup kita, insyaAllah hidup kita akan menjadi tenang dan bahagia :


1. Ingatlah semua kebaikan orang lain kepada kita.

2. Ingatlah semua kesalahan yang kita lakukan kepada orang lain.

3. Lupakan semua kebaikan yang pernah kita lakukan kepada orang lain.

4. Lupakan semua kesalahan orang lain kepada kita.

Friday, 13 April 2012

Jinhae : What A Beautiful Place in Spring!
















Saturday, 7 April 2012

Terkadang Lagi



Saphe, titip surat buat mereka.... 

Terkadang, memberi support atau dukungan itu tak cukup hanya dengan ucapan-ucapan dari jarak jauh. Adakalanya kita perlu untuk datang secara langsung dan berada di dekat mereka, untuk memastikan bahwa kita ada dan benar-benar nyata untuk selalu mendukung mereka. 

Tunggu aku ya! Love you all~

Friday, 6 April 2012

April Wishlist


Dear Saphe, 

Gue punya wishlist nih. Gue kasih tahu ya! Salah satu wishlist dari serangkaian wishlist lainnya...
Gue pengen deh suatu saat nanti bisa jadi volunteer buat anak-anak jalanan dan kurang mampu/kurang beruntung yang buta huruf, buat ngajarin mereka membaca, menulis, berhitung de-el-el....

Kurang lebih kayak si Kugy sama si jenderal Pilik dan Pasukan Alit-nya
atau Kak Dan sama si Hidung Merah...

Jangan protes ya kalau foto yang gue upload enggak matching sama isi postingan... :D
Gue cuma lagi kangen aja moto-moto tapi angin di luar lagi kenceng-kencengnya 2 minggu terakhir ini... hiks...
Ya ampun lama-lama kok gue jadi kayak si Kugy yang suka ngirimin pesan ke Neptunus lewat perahu-perahu kertasnya... Bedanya di sini enggak gue hanyutin... Tapi gue klik 'publish' :D 

Aahaa... mulai sekarang gue jadi agen Sapheiros. Tunggu surat-surat gue selanjutnya ya Saphe! :D

Thursday, 5 April 2012

Cherry Blossom


Ini namanya Cherry Blossom atau biasa disebut dengan bunga Sakura atau kalau di Korea disebut 'botkkot'
Iya, siapa yang bilang kalau ini bunga sepatu, hah?! #plaakkk

Belum pada mekar, dan yang ini exceptional....
Spring Festival di kampus pun jadi di undur...
Bulan April adalah bulan penuh bunga ^^

Tuesday, 3 April 2012

Cheese Cake

Bahagia itu sebenarnya sederhana saja ya. Tak perlu misalnya, dikala ulang tahun mendapatkan hadiah mewah atau pesta yang meriah. Saya sudah sangat senang dan bahagia ketika ucapan dari teman-teman dan orang-orang terdekat teriring untuk saya di kala usia tepat menginjak 25 tahun. Ibu, yang seingat saya, adalah orang yang tidak pernah lupa dan selalu menjadi orang-orang pertama yang memberi ucapan selamat, di hari ini pun masih tetap sama. Dan ibu saya juga, hari ini mengadakan acara syukuran untuk ulang tahun saya, walaupun katanya kecil-kecilan. Teriring ucapan selamat dari seluruh anggota keluarga, foto pun dikirimkan oleh adik saya. Ketika membuka email, rasa senang dan bahagia pun bertambah dengan ucapan dari professor, beserta harapan yang teriring untuk saya. Dari ucapan beliau, secara jelas menyebutkan 'happy' dan 'proud', usaha saya melakukan yang terbaik untuk beliau nampaknya menunjukkan tanda-tanda keberhasilan. Ada rasa haru menyelinap seketika itu juga.

Barangkali dulu... dulu sekali, rasa senang atau bahagia di saat ulang tahun itu adalah ketika mendapatkan ucapan dari 'seseorang'. Dan itu seringkali menjadi satu hal yang ditunggu-tunggu. Namun, tampaknya sekarang bahkan saya tak mengharapkan atau menunggu-nunggu ucapan dari siapa pun.

Dan kebahagiaan itu genap sudah, ketika datang ke lab dan telah tersedia cheese cake lengkap dengan lilin-lilin dan orang-orang yang berdiri di sana... Akhir-akhir ini, cheese cake adalah daftar pertama dalam list favorit saya...

Masih kurang bersyukur gimana lagi coba?



Kesalahan bukan pada mata Anda, tapi emang fotonya yang burem :)

Sunday, 1 April 2012

Happy 25 y.o.


I'm already 25 years old now...
Thank you very much ya Allah, The Lord of World...
I'm so blessed...

Let's make some wishes happy
And reflection as well...
Just got very first birthday greeting~

Gyeongsan, April 2, 2012
Early spring

Someday


Someday, I'll miss this place... For sure~

Saturday, 31 March 2012

Quote of The Day

"Some people come into our lives and quickly go. Some stay for a while, leave footprints on our hearts, and we are never, ever the same."– Flavia Weedn

Thursday, 29 March 2012

Terkadang


Terkadang, kita memang perlu untuk berputar menjadi sesuatu yang bukan diri kita dulu untuk kemudian menjadi diri kita sendiri... 

Saphe, you know what? I'm missing home so badly...
Wanna go home as soon as possible and keep stay with my mother as long as I can... Hiks...
It has been a long time since I left home...

Hallo Saphe,

Hallo Saphe,

Hari ini Jung Min oppa datang ke lab... Masih inget khan Jung Min oppa itu siapa? Senior dari lab ini yang sekarang sedang S3 di Osaka University, Jepang...

Terakhir kali ketemu pas di Jeju Island bulan November yang lalu, pas sama-sama dateng ICAE conference. Semua lab member kalo kedatangan Jung Min oppa, bawaannya horor semua dan pengen kabur. Orang nya galak bener... Cerewet... Tapi sebenernya baik sih... Tipikal cowok Korea jenis ke-2 versi gue... Waktu itu, kami diajakin pergi ke Teddy Bear museum sama si oppa, dia yang nyetir mobil...

Terakhir kali ketemu, gue banyak kena omel... Diomelin suruh belajar bahasa Korea yang bener lah, jangan ngomong banmal lah, publish banyak paper lah... bla... bla... bla... Dan gue juga dibilangin suruh operasi plastik, karena wajah gue terlalu buruk kata dia. Gara-garanya ada orang Jepang, si Takafumi, temennya Jung Min oppa yang bilang "Kawai" ke gue... :blush 
Karena enggak terima gue dibilang kawai, si oppa mencak-mencak dan ngatain gue sebaliknya... Hahaha... Parah bener dah!!
Gue tahu yang terakhir ini cuma becanda....

Dan hari ini gue kena tinju sama dia... tepat di lengan kiri gue... Mana kenceng lagi ninjunya! Uuhhh...

Gara-garanya, gue slengek'an, kebanyakan ngomong banmal dan 야~ sama dia....

Hahaha... gue gak mau 'nunduk-nunduk' sama cowok Korea, biarpun dia lebih tua....

Friday, 23 March 2012

Arok-Dedes-Umang-Ametung


#Postingan Iseng-Iseng

Gue sekarang tahu kenapa si Ken Dedes, makhluk paling cantik di seluruh penjuru negeri Tumapel, seorang Brahmani dan terpelajar, sangat membenci suaminya, Akuwu Tunggul Ametung. Dan kemudian jatuh cinta sama Ken Arok, yang dulunya bisa dibilang penjahat, tapi baik. 

Gue sekarang tahu kenapa Tunggul Ametung sampai sebegitunya, mengorbankan segala-galanya demi Ken Dedes. Yang kemudian hari justru mendatangkan kehancuran bagi dirinya.

Gue jadi tahu kenapa Ken Dedes tetap bersedih dan menangisi kematian suaminya, Tunggul Ametung, pun sebegitu bencinya dia sama sang suami.

Dan gue tahu kenapa Ken Dedes merasa sesak hatinya dan cemburu dengan adanya Ken Umang, yaitu istri pertama Ken Arok.... Ken Umang yang tetap setia menunggu Ken Arok hingga bertahun-tahun semenjak dia kecil....

Tapi tetep, keturunan Ken Arok - Ken Dedes yang menjadi raja-raja besar di Pulau Jawa....

Temukan jawabannya di Roman Arok Dedes karya Pramoedya Ananta Toer ini... Makin suka sama Pramoedya deh. Ada yang mau pulang ke Indo? Nitip buku dong ^^

Thursday, 22 March 2012

Bertanya itu Susah


Ternyata, bertanya atau mengajukan pertanyaan itu susah ya...
Gue dapet tugas dari Prof. gue buat bantuin beliau nge-review paper yang akan diterbitkan disebuah jurnal SCI... Beliau jadi salah satu reviewer... Ini adalah kali keduanya gue disuruh nge-review paper semacam ini... Gue harus berperan selayaknya seorang reviewer; mereview isi paper, mengajukan pertanyaan dan ngasih comment serta memutuskan paper tersebut layak diterima atau bahkan harus di-reject. Tentu saja, keputusan akhir tetap ada di tangan Prof. saya...
Dan ternyata mengajukan pertanyaan dan ngasi comment di sebuah manuscript itu enggak segampang yang gue pikirin....

Biar Gak Kosong


Maret 21

Hari ini ada lab meeting...
Dong Jin oppa sama Che Min oppa dateng ke lab...
Kayaknya gue udah lama enggak ketemu Che Min oppa semenjak terakhir kali ketemu
Kabar terbaru, si oppa udah punya anak bayi perempuan yang lucu
Enggak keliatan seperti bapak-bapak sama sekali.
Pun enggak kelihatan kalau umurnya ternyata udah di atas 30 tahunan...
Hahaha... cowok Korea memang seperti itu...
Terus setelah lab meeting, kami makan bareng-bareng seperti biasa
Tapi enggak di tempat biasa dan professor pun enggak ikut serta karena sibuk...
Makan ttakdoritang sama janchi guksu, gue enggak makan ayamnya...
Guksu nya enak... hohoho

Terus, papernya Hong Chan oppa udah keluar hasil reviewannya... Kedua-duanya... Gue jadi second author, dan kedua paper ini bikinnya dulu bareng-bareng sama gue. Secara si oppa gak terlalu bisa bikin tulisan ilmiah dalam bahasa Inggris...Welcome back to revisian... Prof. minta tolong gue yang bikin...

Semoga paper kami bisa publish lagi... Amien...

Sekian, coretan yang mirip diary jaman SMP/SMA kali ini...
Nulis beginian biar blog ini enggak kosong melompong...

Friday, 16 March 2012

Conference Terakhir

Just came back from attending The 3rd International Conference on New & Renewable Energy 2012 (ICNRE2012) di Kyungpook Univ. Daegu...

I think it would be my last conference in Korea... 2 years 4 months, it would be enough time... And I think I won't take Doctoral degree here. I'll come back home~

Pulang dengan diiringi hujan pengantar musim semi... Akhir-akhir ini hujan (gerimis) mengguyur Gyeongsan hampir tiap hari. Walaupun suhu sudah mulai menghangat dan dikisaran 10 derajat Celciusan, gara-gara hujan dan mendung jadi feel like zero degree Cels... Ah, jadi inget pas attending conference ini tahun kemaren. Seketika itu terlintas, "Gue pengen ngambil S3. Prof. Warunee ini keren sekali... Masih muda, cantik dan Professor."

Kemudian, jadi inget percakapan barusan dengan roommate gue, "Kita dulu enggak pernah dapet kuliah tentang electronic materials ya. Selesai S2 ini pun masih enggak ngerti tentang electronic material. Makanya pengen ngambil S3 biar belajar lagi."

Dan, dia pun tertawa mendengar alasan gue. Mau ambil S3 karena merasa "enggak ngerti'?

Oiya, gue sekarang ngajar, lebih tepatnya jadi tutor di Univ. Terbuka cabang Korea Selatan... Paling enggak, cita-cita gue dulu yang pengen jadi seorang guru atau pengajar, bisa sedikit terpenuhi. Cita-cita yang akhirnya kandas di tengah jalan dan gue 'dipaksa' untuk masuk fakultas teknik dan jadi 'engineer'. Walaupun, gue jadi tutor untuk mata kuliah yang sebenarnya bukan bidang gue. Perlu effort lebih untuk itu, terutama waktu. Tapi gue berharap bisa sedikit memberikan manfaat di sini dan gue bisa menjalankan amanah ini dengan baik.... Sebaik-baik manusia itu yang paling banyak manfaatnya buat orang lain. Dan sebaik-baik ilmu itu adalah yang diamalkan... Gue tau kalo gue masih sangat jauh dari itu semua... Dan sedang dalam proses dan berusaha ke arah sana...
Ini juga jadi alasan kenapa gue masih ada di sini... Setidaknya sampe amanah ini selesai dan visa gue abis masa berlakunya...
 
Aahhh... Entah kenapa akhir-akhir ini gue merasa labil... Gue serasa gak punya pijakan dan tumpuan yang mantab. Semuanya masih mengawang... Melangkah pun serasa mengambang....

Entahlah... I don't know... Paling tidak untuk saat ini gue bisa memberikan jawaban untuk diri sendiri, "Boleh khan memperjuangkan dan berusaha memujudkan mimpi diri sendiri?"

*Btw, setelah dibaca lagi dari atas ke bawah, ternyata enggak sistematis~ Ini tulisan loncat-loncat begini. Maafkan-maafkan... T-T

Smiley Star Bento

It has been a long time since the last post I made... Sorry for abandoning you, lovely trash bin... Fufufu...

Umm.. Actually I don't want to write anything, but in order to keep you update, so here I'll post bento I've made in this week~

I created this bento for little Wafa, the daughter from one of Indonesian neighbor here. Her father is taking Doctoral program in same department with me, at the same floor also. I came to visit her new baby-born sister. So happy when see Wafa happy and smile receiving this bento box~

Can't wait to make it for my little prince or princess.... And see him or her happily smile everyday.... xoxoxo

See you in the next post~ ^^ 

*Spring will come here soon... My 3rd spring in Korea... But no one really comes so far... Not like my wish I wrote in the first spring at 'Love Road'~

Anyway, it's not really a matter for me~ Everything has their own time~ Just keep praying^^

#Eaaa... 94L@U~  :D

Thursday, 23 February 2012

Finally


PS : Nanti gue kasi kata-kata, ya

Tuesday, 14 February 2012

New Room

The first post on February, month full of love people said... Seems like recently I have no moods for updating this trash bin... fufufufu. February is still cold here, temperature is around minus -5 on average. Moreover, on last 3 days, the wind is strongly blowing. Winter and wind, those two things are very terrifying and irritating. I hate it. Really hate~

On this February, I'll have graduation ceremony at 22nd. Finally, after 2 years, the day is going to come soon and I'll officially graduate. Yaayyy... Happy to receive it but feel sad on the other hands. Happy because what I've struggled for almost 2 years, my hard works and all efforts I've done are finally paid off. Sad since I should leave behind all the things here; friends, desk, lab, school, great supervisor, etc; when I feel joyous and comfortable living in this wonderful country. Fufufu...

Although I'll graduate soon but I can still live here little longer. Actually, it's over by 22nd of this February, but I already requested for extending my visa period till June. Since my (our) rent room is going to be over its renting contract by 16th of this month, so that I needed to find the new one.

And Alhamdulillah, I found the new room which is relatively cheap price and not so far from school. It is 180K KRW for monthly payment and only 300K KRW for deposit. The deposit money will be returned back after renting contract is over. The room itself is quite large for two persons living together; I'll live with new member in my lab; my junior. Relatively complete room appliances are already there, such as bed room, a desk, cupboard, washing machine, refrigerator and shoe rack.

New room, new atmosphere, new room mate, new life, new hope... What else?


The room

Bathroom

A desk


Air conditioner

Refrigerator and shoe rack

Kitchen

Tuesday, 31 January 2012

DMZ Trip : (1) Imjinggak (임진각)

Setelah sejak dari lama berangan-angan buat pergi ke DMZ, akhirnya liburan Seollal kemaren gue kesana. Kebetulan si Astri juga pengen pergi, dan kami pun berlima, gue, Astri, Prisa, sama dua anak internship di POSTECH, Michel sama Agung bareng-bareng ke DMZ.
Liat-liat tour, DMZ tour yang dari Seoul rata-rata di atas 40ribuan won, ya udah deh akhirnya nanya-nanya cara kesana yang lebih murah, mulai dari di grup Perpika sampai akhirnya mendapatkan pencerahan yang sangat cerah dari Om Jin. Matur suwun buat inpoh nya ya om....
Di sini kayaknya gue gak perlu menjelaskan panjang lebar, DMZ (Demiliterized Zone) itu apaan, bagi yang belum tahu dan ingin tahu bisa kesini.
Berhubung anggaran dana terbatas, kali ini baru cuma ke DMZ nya saja. Sebenarnya pengen banget ke JSA/Panmunjom sih, tapi kalo mau kesana harus ikutan tour dan paling murah sekitar 77ribuan won.
Huhuhuhu... Nabung dulu buat kesana, suatu saat nanti. Kayaknya lebih seru~

In case ada yang pengen ke DMZ dan gak mau ikutan tour dari Seoul dengan alasan menghemat biaya dan lain sebagainya, sedikit petunjuk dari pengalaman gue kemaren ini mungkin bisa sedikit membantu. Gue bagi postingan DMZ ini menjadi beberapa bagian, dan bagian pertama adalah dari Seoul menuju ke Imjinggak. Kalo berangkat kesana sendiri tanpa tour, jatuhnya bisa dibawah 20ribuan, separuh harga lebih murah kalo dibandingin sama ikutan tour dari Seoul.

Dari Seoul station, naik subway ambil Gyeongeui line, turun di stasiun paling ujung, yaitu Munsan. Perjalanan ini ditempuh kira-kira selama 1 jam. Bisa tidur nyenyak di subway dan gak perlu khawatir kelewatan, secara berhentinya di stasiun paling ujung. Dari Munsan, terus ke Imjinggak (임진각). Kami sampai di Munsan sekitar jam 12-an dan kereta ke Imjinggak baru ada sekitar jam 2. Dan akhirnya kami naik taksi setelah disarankan oleh petugas penjaga loket keretanya, kelamaan kalau nunggu sampai jam 2. Naik taksi ternyata cuma sekitar 7ribuan won, perjalanan sekitar 10-15 menit. Di Imjinggak ada loket bis buat DMZ tour (gak termasuk JSA/Panmunjom tour), begitu sampai sana mending buru-buru beli tiket berhubung perlu waktu untuk mengantri giliran bis yang akan membawa kita keliling DMZ. Harga tiket bis tour ini seharga 12ribu won. Dan untuk ikut tour ini, kita perlu menunjukkan passport untuk foreigner.

Sembari menunggu giliran bis tour, kita bisa lihat-lihat dulu di Imjinggak. Disana ada monumen, patung-patung bersejarah tentang Perang Korea, sebuah lokomotif uap tua dan peninggalan-peninggalan lainnya. Di Imjinggak ada juga restoran dan observation deck dalam satu bangunan, ada sebuah kolam berbentuk semenanjung Korea, sebuah bangunan yang di dalamnya berisi 'Bell of Peace', toko souvenir, dll. Dalam satu lokasi dengan stasiun Imjinggak, ada sebuah taman (amusement park) yang lumayan luas, namanya Pyonghwanuri. Di sana ada beberapa wahana semisal perahu kora-kora, dan juga food store. Imjinggak terletak di tepi sungai Imjin dan ada sebuah jembatan "Freedom Bridge" yang menghubungkan kedua tepi sungai.


 Di depan loket bis DMZ tour 

Tiket DMZ bis tour

 Imjingak

 Monumen perang

Di dalem bangunan ini ada Bell of Peace

 Kolam berbentuk semenanjung Korea *kepotong

 Freedom Bridge
Di bawah kawat pagar batas
Restoran & Observation deck

 Di observation deck
 (Siapin koin 500-an won!!)

Taman Pyonghwanuri

If you want to see more pictures, go to here