Tuesday, 31 January 2012

DMZ Trip : (1) Imjinggak (임진각)

Setelah sejak dari lama berangan-angan buat pergi ke DMZ, akhirnya liburan Seollal kemaren gue kesana. Kebetulan si Astri juga pengen pergi, dan kami pun berlima, gue, Astri, Prisa, sama dua anak internship di POSTECH, Michel sama Agung bareng-bareng ke DMZ.
Liat-liat tour, DMZ tour yang dari Seoul rata-rata di atas 40ribuan won, ya udah deh akhirnya nanya-nanya cara kesana yang lebih murah, mulai dari di grup Perpika sampai akhirnya mendapatkan pencerahan yang sangat cerah dari Om Jin. Matur suwun buat inpoh nya ya om....
Di sini kayaknya gue gak perlu menjelaskan panjang lebar, DMZ (Demiliterized Zone) itu apaan, bagi yang belum tahu dan ingin tahu bisa kesini.
Berhubung anggaran dana terbatas, kali ini baru cuma ke DMZ nya saja. Sebenarnya pengen banget ke JSA/Panmunjom sih, tapi kalo mau kesana harus ikutan tour dan paling murah sekitar 77ribuan won.
Huhuhuhu... Nabung dulu buat kesana, suatu saat nanti. Kayaknya lebih seru~

In case ada yang pengen ke DMZ dan gak mau ikutan tour dari Seoul dengan alasan menghemat biaya dan lain sebagainya, sedikit petunjuk dari pengalaman gue kemaren ini mungkin bisa sedikit membantu. Gue bagi postingan DMZ ini menjadi beberapa bagian, dan bagian pertama adalah dari Seoul menuju ke Imjinggak. Kalo berangkat kesana sendiri tanpa tour, jatuhnya bisa dibawah 20ribuan, separuh harga lebih murah kalo dibandingin sama ikutan tour dari Seoul.

Dari Seoul station, naik subway ambil Gyeongeui line, turun di stasiun paling ujung, yaitu Munsan. Perjalanan ini ditempuh kira-kira selama 1 jam. Bisa tidur nyenyak di subway dan gak perlu khawatir kelewatan, secara berhentinya di stasiun paling ujung. Dari Munsan, terus ke Imjinggak (임진각). Kami sampai di Munsan sekitar jam 12-an dan kereta ke Imjinggak baru ada sekitar jam 2. Dan akhirnya kami naik taksi setelah disarankan oleh petugas penjaga loket keretanya, kelamaan kalau nunggu sampai jam 2. Naik taksi ternyata cuma sekitar 7ribuan won, perjalanan sekitar 10-15 menit. Di Imjinggak ada loket bis buat DMZ tour (gak termasuk JSA/Panmunjom tour), begitu sampai sana mending buru-buru beli tiket berhubung perlu waktu untuk mengantri giliran bis yang akan membawa kita keliling DMZ. Harga tiket bis tour ini seharga 12ribu won. Dan untuk ikut tour ini, kita perlu menunjukkan passport untuk foreigner.

Sembari menunggu giliran bis tour, kita bisa lihat-lihat dulu di Imjinggak. Disana ada monumen, patung-patung bersejarah tentang Perang Korea, sebuah lokomotif uap tua dan peninggalan-peninggalan lainnya. Di Imjinggak ada juga restoran dan observation deck dalam satu bangunan, ada sebuah kolam berbentuk semenanjung Korea, sebuah bangunan yang di dalamnya berisi 'Bell of Peace', toko souvenir, dll. Dalam satu lokasi dengan stasiun Imjinggak, ada sebuah taman (amusement park) yang lumayan luas, namanya Pyonghwanuri. Di sana ada beberapa wahana semisal perahu kora-kora, dan juga food store. Imjinggak terletak di tepi sungai Imjin dan ada sebuah jembatan "Freedom Bridge" yang menghubungkan kedua tepi sungai.


 Di depan loket bis DMZ tour 

Tiket DMZ bis tour

 Imjingak

 Monumen perang

Di dalem bangunan ini ada Bell of Peace

 Kolam berbentuk semenanjung Korea *kepotong

 Freedom Bridge
Di bawah kawat pagar batas
Restoran & Observation deck

 Di observation deck
 (Siapin koin 500-an won!!)

Taman Pyonghwanuri

If you want to see more pictures, go to here

0 comments: