Friday, 20 April 2012

Conference (Paling) Akhir


April 19, 2012

Dear Saphe, masih birukah langitmu?

Menyempatkan diri untuk mencoret-coret halamanmu... 
Cerita untuk hari ini, adalah menghadiri sebuah conference 'Korean Ceramic Society Spring Meeting 2012 di Daegu EXCO. Conference lokal sih, tahun kemaren juga pernah ikut pas Fall Meeting di Jeju Island. Enaknya sekolah di sini ya ini salah satunya, sering jalan-jalan gratis atas nama conference. Tapi jangan salah lhoh, ikut conference bukan berarti cuma jalan-jalan doank. Pra-conference nya itu lhoh, super ribet dan hectic kalau present poster, apalagi kalau harus submit paper. Beuh, bisa berhari-hari nginep di lab, seperti pas ICAE tahun kemaren, di Jeju juga. Kami berempat seperti hantu lab, saking berhari-hari lembur dan sampai nginep di lab. Untung di lab kami, anak S2 gak pernah dan gak di ijinin buat oral presentation...

Tapi tetep di conference ini, Prof. minta semua orang buat present. Makanya walaupun enggak ada data baru, Prof. tetep nyuruh poster gue yang kemaren buat dipasang. Bukan gue sih sebenarnya yang register, soalnya gue khan udah lulus dan sebentar lagi mau pulang. Tapi Hongchan Oppa yang register dan kirim abstract. Padahal itu poster udah 2 kali dipake conference, bahkan paper nya pun udah di-submit. Enggak ngerti deh, kayaknya akhir-akhir ini Prof. lagi 'gimana' gitu atau mungkin lagi 'semangat-semangat'-nya. Atau barangkali karena beliau jadi salah satu 'orang penting' dan panitia Korean Ceramic Soc. Ah masih feel guilty, beberapa waktu yang lalu sempet bikin beliau 'agak' marah. Padahal selama ini gue ngejaga banget-banget jangan sampai bikin beliau marah atau kecewa. Saking baiknya beliau, sampai enggak enak sendiri dan enggak tega kalau misalnya bikin beliau marah.

Gue pikir conference di Kyungpook Univ. bulan kemaren adalah conference terakhir gue, tapi ternyata masih ada lagi.... kkkk... Gue yakin saat-saat seperti ini akan sangat gue rindukan kembali suatu hari nanti sekembalinya ke Indonesia...

Trus hari ini gue ketemu Dongkyun di conference, anak lab sebelah yang kepada dia lah dulu gue belajar tentang TCO. Secara pas gue dateng, senior gue yang topik riset nya tentang TCO lagi cuti dan labmate yang lain beda topik sama gue. Alhasil gue kebingungan harus nanya ke siapa, dan untung ada si Dongkyun yang super baik hati dan banyak bantuin gue. Dia pun orangnya cerdas dan berpengetahuan luas. Sekarang dia udah kerja di sebuah daerah deket Seoul, kami ngobrol lumayan banyak. Dan kabar gembira, pas gue liat cincin ditangannya dan gue tanya apakah udah tunangan, ternyata emang udah dan dia mau nikah sebentar lagi. Gue kenal juga sama ceweknya dia dan pernah beberapa kali ketemu. Buat memastikan, gue tanya ceweknya masih sama dengan yang dulu apakah udah putus dan ganti yang lain. Dan ternyata emang masih yang dulu itu. Soalnya, si Cirrong oppa, anak lab sebelah juga temennya Dongkyun, putus sama pacarnya dan udah ganti yang lain.

Aniway, selamat ya Dongkyun ^^

Terus apalagi ya... Oiya, pas banquet di conference gue sebelahan sama Senior Researcher dari KICET, research institut ceramic yang cukup terkenal di sini. Orangnya baik dan ramah, kami pun ngobrol-ngobrol tentang banyak hal. Ternyata dulunya dia kerja di Samsung dan temennya salah seorang Prof. di jurusan gue. Dan pas gue tanya kenapa kok udah di Samsung tapi pindah. Tau lah Samsung itu gimana kalo di Korea, perusahaan nomer satu dan setiap orang pasti ingin kerja di sana, di samping gaji yang cukup gede. Alasannya adalah di sana tekanannya cukup tinggi dan harus bekerja ekstra keras. Beliau bilang enggak semua orang menyukai hal seperti itu, walaupun gajinya tinggi.

Ternyata, gaji gede itu bukan segala-galanya ya :)

Gue sempet minta kartu nama beliau dan sebaliknya, karena gue belum punya kartu nama, ya udah cukup nama saja dan nomer henpon. Dan beliau bilang kalau butuh bantuan berkaitan dengan ceramic characterization bisa menghubungi beliau. Dari hasil sapa-sapa dan beramah tamah ke orang yang tidak kita kenal, kadang bisa memperoleh sesuatu hal yang baru dan tidak kita duga.

Ah, gue nih hobi nya nyapa-nyapa orang atau ngajak ngobrol orang yang sebelahan atau deketan sama gue walaupun enggak kenal... Semoga enggak sampai ketemu orang jahat yang bermaksud jelek...
Cuma catetan gue, atau in case ada yang perlu barangkali, buat ke EXCO, dari Suseonggu Subway Station trus naik bis 323 atau 323-1... Kira-kira sekitar 30-45 menitan lah dari Suseonggu...

Sekian... Sebenarnya masih banyak hal, tapi kalo gue lanjutin enggak habis-habis ntar... I need to sleep right now... Hoam... Dan gue tetep masih jadi kalong, tidur pagi dan bangun siang bahkan sore hari... *Parah 

Oiya lagi, Saphe, gue udah dapet tiket pulang dong... Alhamdulillah ya... Gue mau jalan-jalan dulu sebelum dapet kerjaan setelah pulang nanti~

0 comments: