Tuesday, 13 January 2015

Mulai Nge-Les-in Lagi


Hari ini mulai ngajar les privat lagi setelah beberapa minggu vakum karena liburan sekolah. Baik Ken maupun Ra2 sudah masuk kembali sejak hari Jumat kemarin. Mereka berdua adalah kakak beradik. Ken masih kelas 5 SD sedangkan Ra2 kelas 1 SMP. Walaupun berdua kakak beradik, menurut saya mereka sangat jauh berbeda, bagaikan bumi dan langit. Ra2 yang lebih pendiam dan rajin versus Ken2 yang tidak mau diam dan agak susah untuk belajar. Biasanya anak cewek yang lebih cerewet, tapi ini sebaliknya. Kalau untuk urusan belajar, Ra2 sangat mandiri. Sedangkan Ken, perlu effort yang lebih untuk mengajaknya belajar.  

Di rumah mereka ada banyak kucing. Salah satunya Loki, anak kucing yang kemarin baru dilahirkan telah menjadi piatu karena induknya meninggal lantaran sakit seminggu yang lalu. Ini kabar baru karena sebelum libur les, saya masih melihat induk Loki lengkap dengan keempat anaknya yang masih mungil-mungil. Si Loki terlihat duduk anteng dan manis di sofa samping kami belajar. Dia seperti kehilangan semangat dan lesu. Kadang saya elus-elus kepalanya, dan sepertinya dia menyukainya. Beberapa kali sering kedapatan dia diganggu oleh Hipu, si hitam putih yang bermata satu. Konon, Hipu ditemukan Ken dijalan lalu dibawa pulang. Karena terkena debu, masih menurut Ken, matanya sering digaruk-garuk dan akhirnya sakit parah. Setelah dibawa ke rumah sakit, dokter hewan memutuskan bahwa matanya harus dioperasi dan jadilah Hipu sekarang yang bermata satu. Hipu sangat aktif sekali, lari dan loncat kesana kemari. Tak jarang juga dia mengganggu si kecil Loki, 'nguwel-nguwel' bahkan mencakar. Mungkin maksudnya mengajak bermain. Atau memang sengaja mengganggu mentang-mentang Hipu lebih besar dan Loki sudah tidak punya induk yang menjaganya lagi. Entahlah, saya tidak tahu. Tapi yang pasti, sepertinya Loki tidak menyukainya.  



Loki 4 bersaudara ketika dilahirkan. Dan sekarang tinggal 2 saja yang ada di rumah. Saudaranya yang satu telah mati karena sakit, sama seperti induknya. Ketika saya tanya Ken dimana yang satunya lagi, dia bilang lagi sembunyi dan tidak mau keluar karena stres ditinggal mati oleh induknya.
"Lalu saudara Loki yang satunya lagi kemana Ken?"
"Masih di rumah sakit" jawabnya.
"Rumah sakit? Bilang aja di dokter hewan gitu kali Ken", sahut Ra2 sambil ketawa. Ra2 sendiri kurang begitu suka dengan kucing, begitu didekati kucing-kucing tersebut dia akan sibuk untuk mengusir dan teriak-teriak memanggil Ken.

Get well soon, Loki's brother/sister!!




0 comments: